Siswa MAN 2 Kota Bengkulu Juara MYRES Tahun 2020

Siswa MAN 2 Kota Bengkulu Juara MYRES Tahun 2020

Kota Bengkulu (Humas)-Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Bengkulu kembali mengharumkan nama Provinsi Bengkulu di tingkat nasional. Dimana, dua orang siswa MAN 2 Kota Bengkulu telah berhasil meraih juara satu Kompetisi Madrasah Young Researcher Super Camp (MYRES) Tahun 2020 jenjang Madrasah Aliyah Tingkat Nasional.

Kompetisi ini diselenggarakan secara daring pada tanggal 29 November 2020  ,dengan tim penilai dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Adapun dua orang  siswa berprestasi tersebut adalah Haidar Hanif Lubis dan Fina Dwita Mandasari.  Dua orang siswa MAN 2 Kota Bengkulu ini mengangkat judul “Environmental  Technology (Environtech) Desalinasi Air Laut Dengan Proses Elektrodialisis Menggunakan Listrik Tenaga Surya “

Lomba Karya Ilmiah ini disaksikan langsung Kepala Bidang (Kabid) Penmad Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Bengkulu, Dr. H. Juni Muslimin,  M.A., dan Kepala MAN 2 Kota Bengkulu Karmila, M.Pd., serta didampingi Kepala Tata Usaha MAN 2, Nizan Syakrani, S.Ap.

Kepala Kanwil Kemenag Drs. H. Zahdi Taher, M.HI., menyampaikan apresiasi yang besar terhadap pencapaian prestasi ini. "Saya mengucapkan selamat kepada para siswa/I dan pembimbingnya,  kepala madrasah, kepala tata usaha dan keluarga besar MAN 2 Kota Bengkulu yang telah membuat bangga madrasah ini," ujarnya.

Terpisah, Kepala Kantor Kemenag Kota Bengkulu, Drs. H. Ramedlon, M. Pd., juga mengucapkan selamat kepada siswa MAN 2 Kota Bengkulu yang telaih meraih prestasi tingkat nasional. Beliau berharap semoga kedepannya, madrasah khususnya MAN 2 semakin meningkatkan kualitas. Sejalan dengan motto “Madrasah Hebat Bermartabat.

Sedangkan Kepala MAN 2 Kota Bengkulu, Karmila, M.Pd., menyampaikan rasa bangga nya “Alhamdulillah, ini adalah prestasi yang luar biasa, sangat membanggakan dari anak-anak kami,”

Ditambahkan oleh Guru Pembina MYRES MAN 2 Kota Bengkulu Weniarti, M.Si. bahwa prestasi ini sangat membanggakan karena ini adalah untuk pertama kalinya siswa MAN 2 Kota Bengkulu berhasil menjuarai ajang bergengsi ini.

“Lomba ini diikuti oleh siswa/I perwakilan Madrasah Aliyah yang berasal dari 34 Provinsi di Indonesia, terdiri dari 3800 proposal diseleksi menjadi 30 besar lalu 15 besar dan rangkaian terakhir adalah final. Prestasi ini cukup prestisius dan sangat membanggakan” ujar Weni.

Terpisah, Wakil Kepala Bidang Humas MAN 2 Kota Bengkulu Herwin  Cahyadi, M.Pd. mengatakan, sejumlah prestasi di bidang karya ilmiah juga sukses diraih siswa/i MAN 2 Kota Bengkulu. Prestasi ini tidak terlepas dari adanya kelas riset dan robotic serta   jam pelajaran tambahan untuk siswa. “Alhamdulillah, kerja keras dan keseriusan para  siswa berbuah prestasi,” tutup Herwini. (hc/Popi)

Bagikan :