Gandeng Puskesmas Nanti Agung, MIN 1 Kepahiang Gerakan Hidup Sehat Bersama

Gandeng Puskesmas Nanti Agung, MIN 1 Kepahiang Gerakan Hidup Sehat Bersama

Kepahiang (Humas) --- Tim pembina Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Madrasah ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kepahiang  kerja sama dengan pihak Puskesmas Nanti Agung Kec. Tebat Karai melaksanakan penimbangan, aksi demo gosok gigi, Dokter kecil (ruang UKS) dan segaligus pelaksanaan  Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) DT dan TD.

Kegiatan penimbangan, demontrasi sikat gigi yang dipandu langsung dari pihak Puskesmas Nanti Agung yaitu Neni Dekawati, A.Md.Keb  yang dilaksankan di Madrasah MIN 1 Kepahiang. Pada kesempatan tersebut sebelum kegiatan dilaksanakan pihak puskesmas menerangkan sehubungan dalam masa pandemi Covid-19, maka semua harus  tetap mematuhi protocol kesehatan.

‘’Gunakan masker dan menjaga jarak minimal satu meter, dan di lanjutkan dengan mensosialisasikan kepada anak-anak cara yang benar dalam menyikat gigi, mulut termasuk sumber kesehatan,’’ katanya.

Sementara itu Riski Hidayat, A.Md.Kep juga menambahkan dalam menyikat gigi sisa makanan yang menumpuk akan mengakibatkan bau mulut yang tidak sedap dan paranya lagi gigi akan keropos dan berlobang. Selain pentingnya menjaga kesehatan gigi anak-anak juga harus dapat imunisai BIAS Dt dan Td untuk menjaga kekebalan tubuh anak-anak usia SD terhadaf penyakit campak, difteri dan tetanus. Selesainya demo disusul pelaksanaan Suntik tetanus untuk kelas 1,2 dan kelas 5. 

‘’Setelah pelaksanaan kegiatan demo sikat gigi dan suntik tetanus, mereka memeriksa UKS mengecek properti/obat-obatan dan melihat kelayakan psilitas, kebersihan yang ada didalam UKS Neni Dekawanti, dan Dkk, juga juga menyerahkan stiker olah raga dan bebarapa obat-obatan kepada pembina UKS Herlina, S.Pd.I,’’ jelasnya sembari dia mengingatkan agar selalu mengecek masa kadaluarsa obat-obatan di UKS.

Penulis : Sahran Mardoni.

 

Bagikan :