Guru MTsN 1 Seluma Gelar Pelatihan Tahsin Quran

Guru MTsN 1 Seluma Gelar Pelatihan Tahsin Quran

SELUMA (HUMAS) - MTs Negeri 1 Seluma melalui Rumah Tahfidz Qurrata A’yun menggelar pelatihan tahsin Alquran untuk guru-guru (tenaga pendidik dan kependidikan). Pelatihan Tahsin Al-Quran dilaksanakan pada hari Jumat, (18/9/20).

Kegiatan dilaksanakan di Musholla MTsN 1 Seluma. Pada pelatihan perdana ini diikuti oleh sebanyak 15 orang guru dan karyawan di lingkungan MTsN 1 Seluma.

Kepala MTsN 1 Seluma Emi Sudarmi, M.Pd.I berharap pelatihan ini bisa menjadi bekal dan motivasi bagi para dewan guru di Madrasah untuk terus mencetak generasi qurani. Selain itu juga bisa meningkatkan dan memperbaiki bacaan Al-Quran para guru.

"Jangan sampai guru madrasah tidak bisa membaca Al-Quran. Apa lagi madrasah kita punya program unggulan tahfidz quran. Ujung tombaknya adalah Bapak/Ibu yang akan menerima dan menyimak hafalan anak-anak. Mudah-mudahan dengan kegiatan pelatihan tahsin quran ini kita bisa semakin banyak berinteraksi dengan Al-Quran," ujar Emi.

Sementara itu Koordinator Rumah Tahfidz Qurrata A’yun MTsN 1 Seluma, Patriansyah, S.Pd.I.  mengatakan bahwa pelatihan itu dalam rangka upgrading pengajar MTs N 1 Seluma.

“Insya Allah kegiatan ini secara rutin dan berkala terus kita adakan. Salah satunya melalui pelatihan tahsin seperti ini. Untuk meningkatkan kompetensi para guru,” katanya.

Menurut Patri, sapaan akrabnya, dengan pelatihan tersebut setiap guru akan memiliki standardisasi bacaan Al-Qur’an yang baik.

Ia pun berharap dengan pelatihan tersebut proses pembelajaran Al-Qur’an akan semakin baik. Dan berdampak pada kualitas bacaan dan hafalan yang dimiliki siswa yang lebih fasih dan tartil pula.

Bertindak sebagai narasumber pada pelatihan kali ini Henggar Wiecaksono, S.Pd. Dalam materinya ia menyampaikan standar-standar tahsin dan keutamaan membaca Al-Quran. Dilanjutkan dengan praktik membaca surat Al-Fatihah secara bergantian.

Sebanyak 15 peserta pun antusias mengikuti pelatihan yang di mulai pukul 08.00 WIB sampai 10.00 WIB tersebut. (Henggar)

 

Bagikan :