Pasca Idul Adha 1441 H, Peristiwa Nikah Di KUA Pelabai Meningkat

Pasca Idul Adha 1441 H, Peristiwa Nikah Di KUA Pelabai Meningkat

Lebong (Inmas) - Pasca pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah yang bertepatan dengan Tanggal 31 Juli 2020 Masehi, jumlah pasangan Calon Pengantin (Catin) yang mendaftar di KUA Kecamatan Pelabai dipastikan meningkat. Hal ini disampaikan oleh Kepala KUA Kecamatan Pelabai- H. Olik Nurholik, S,Ag, MH di sela-sela selesai memeriksa berkas administrasi salah satu Catin yang mendaftar nikah pada hari Senin, 27 Juli 2020 sekitar Pukul 08.30 WIB.

Secara rinci H. Olik menerangkan bahwa pada Bulan sebelumnya biasanya peristiwa Nikah rata-rata berkisar antara Dua hingga Tiga Pasang Catin, namun pasca Idul Adha jumlah pendaftar Nikah mencapai Tujuh Pasang dan kemungkinan masih ada penambahan Catin yang ingin melaksanakan Akad Nikah di Bulan Agustus ini.

“Hal ini juga tak terlepas dari situasi New Normal terkait dengan pandemi Covid-19 yang selama mewabah di masyarakat, namun meskipun dalam tatanan normal, protokol kesehatan menjadi hal utama yang tidak dapat dikesampingkan dalam pelaksanaan layanan Nikah” tutur H. Olik.

Pihak KUA berhak melakukan penolakan layanan nikah apabila protokol kesehatan tidak diperhatikan oleh masyarakat, misalnya apabila prosesi akad nikah yang dilaksanakan di KUA maupun di rumah diikuti lebih dari 10 (sepuluh) Orang, dan untuk prosesi akad nikah yang dilaksanakan di gedung atau masjid melebihi 30 (Tiga Puluh) orang dan lebih dari 20% kapasitas ruangan atau gedung,” pungkas H. Olik (Malvinas RNBS)

Bagikan :