Kanwil Kemenag Bengkulu Bagikan 1.448 Kupon Daging Kurban

Kanwil Kemenag Bengkulu Bagikan 1.448 Kupon Daging Kurban

BENGKULU (HUMAS) – Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu melakukan penyembelihan sebanyak 20 ekor sapi pada Hari Raya Idul Adha 1441H/2020M. Pemotongan hewan kurban digelar di Kantor Kanwil Kemenag . Senin, (3/7). Pembukaan dan penyembelihan secara simbolis dipimpin langsung oleh Kakanwil Kemenag Drs. H. Bustasar, MS, M.Pd, didampingi Kabag TU Drs. H. Yasaroh, M.Hi, dan Ketua DWP Hj. Sukmawati, S.Ag.

Kakanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Drs. H. Bustasar, MS, M.Pd didampingi Kabid Pendidikan Agama dan Kegamaan Islam Drs. H. Hamdani, M.Pd mengatakan, pada penyembelihan kurban tahun ini, Pihaknya membagikan sebanyak 1.488 orang/kupon. Yang terdiri dari, 139 orang peserta qurban, 174 orang panitia, 208 ASN/Honorer serta 927 untuk masyarakat umum.

‘’Kita mencegah potensi terjadinya kerumunan. Karenanya kita tidak menyediakan kupon untuk masyarakat, daging kurban diantar langsung ke rumah penerima oleh panitia. Seperti di Panti Asuhan, Pondok Pesantren termasuk juga akan kita bagikan kepada pensiunan ASN Kemenag dan masyarakat di sekeliling ASN Kemenag. Saya rasa, ASN yang merupakan peserta lebih tahu masyarakat yang layak diberikan, terutama masyarakat kurang mampu,’’ pungkas Bustasar.

Lebih lanjut Bustasar mengatakan, pelaksanaan penyembelihan hewan kurban tetap memperhatikan jaga jarak (physical distancing).  Hal ini bertujuan untuk mencegah potensi penularan Covid-19, yang saat ini masih menjadi pandemi global. ‘’Di lokasi penyembelihan hanya dihadiri panitia dan petugas pemotong,’’ ujar Bustasar.

Bustasar mengharapkan tahun 1441H/2021 mendatang, jumlah peserta kurban khususnya di keluarga besar di Kemenag se-Provinsi Bengkulu semakin meningkat. Karena ibadah kurban merupakan kewajiban umat muslim untuk berbagi rizki kepada masyarakat, terutama masyarakat kurang mampu.

 

‘’Karenanya saya mengimbau kepada umat muslim mari kita berkurban.  Ini merupakan suatu tanda kesolehan pribadi dan tanda kesolehan kita kepada social masyarakat,’’ harap mantan Kakan Kemenag Kabupaten Kepahiang dan Kabupaten Mukomuko ini.

Bustasar juga mengapresiasi kepada jajarannya yang telah melaksanakan penyembelihan hewan kurban pada tahun ini. Dimana meskipun dalam kondisi pandemi covid-19, keluarga besar Kemenag se-Provinsi Bengkulu masih semangat untuk melaksanakan ibadah kurban. ‘’Semoga Allah SWT, melimpahkan rizki kepada kita semua yang telah berkurban,’’ kata suami Hj. Sukmawati, S.Ag ini.

Diakhir penyampaiannya, Bustasar meminta kepada jajaran Kemenag dan masyarakat agar tetap menjaga pola hidup sehat. Serta mari berdoa kepada Allah SWT, agar virus corona segera diangkat dari penjuru dunia, khususnya di Bumi Raflesia Provinsi Bengkulu ini. ‘’Kita harus optimis, bahwa wabah ini akan berakhir,’’ demikian Bustasar.(Tatang)

 

 

Bagikan :