H. Ajamalus: Pertahankan Zona Hijau

H. Ajamalus: Pertahankan Zona Hijau

Lebong (Inmas) - Setiap Tahun ajaran baru proses pembelajaran di lingkungan Madrasah pada semua jenjang mulai dari raudatul Atfal,  Madrasah Ibtidaiah, Madarasah Tsanawiah, sampai Madrasah Aliah selalu di awali dengan masa pengenalan  Ta’aruf Siswa Madarsah (Matsama ). Namun pada tahun ajaran 2020/2021 Indonesia masih belum bebas dari pandemi covid 19 Matsama pun harus mengalami bebrapa penyesuaian.

“Laksanakan Matasma Madarsah wajib patuhi protokol kesehatan. Ini semua kita lakukan untuk mempertahankan zona hijau,“ ungkap Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebong Drs. H. Ajamalus MH saat menjadi pembina upacara pembukaan Matsama di lapangan MAN 2 Lebong pada Senin, (13/07)

Dikatakan H. Ajamalus untuk memutus mata rantai penyebaran covid 19 dan mempertahankan zona hijau pada Kabupaten Lebong maka Matsama pun di lakukan dengan memenuhi standar protokol kesehatan yang telah di tetapkan oleh pemerintah seperti setiap peserta matsama mengikuti pemeriksaan suhu tubuh dimana suhu tubuh harus 37® C harus mencuci tangan, menjaga jarak 1 meter dan memakai masker.

“Materi dalam Matsama Tahun Ajaran 2020/2021 terdiri atas matri umum kemadrasahan seperti sejarah, tata tertib, struktur tenaga pendidik, peserta didik jurusan atau konsentrasi, kegiatan belajar mengajar, organisasi kesiswaan, dan prestasi alumni madrasah,” ujar H. Ajamalus  

Lebih lanjut di katakan Ajamalus untuk menumbuhkan karakter moderat bagi siswa baru bisa di tambah materi moderasi beragama meliputi ukuah islamiah, ukuah basariah, ukuah wathoniah, bernalar kritis, dan berjiwa kompetitip.

Sementara itu Kepala MAN 2 Lebong Feri Khaerawati mengatakan meski masa pandemi covid 19 matsama harus di gelar karena pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru ini bermanfaat untuk mengenalkan lingkungan, ciri khas, karakter nilai dan budaya yang ada di lingkungan madrasah sehingga keberadaan Matsama ini akan turut menentukan keberhasilan atau tidaknya seluruh proses pembelajaran di madarsah pada masa selanjutnya,

“Dengan mematuhi protokol kesehatan sebanyak 54 siswa baru mengikiti Matsama yang di laksanakan selama 4 hari mulai hari Senin tanggal 13 Juli sampai dengan hari Kamis tanggal 16 Juli 2020 dengan harapan  dapat menciptakan generasi yang hebat dan bermartabat,” demikian Feri Khaerawati. (Bibin)

 

 

 

Bagikan :