Manfaatkan ARD Madrasah, Guru MAN Bengkulu Selatan Mengolah Nilai Siswa Serentak

Manfaatkan ARD Madrasah, Guru MAN Bengkulu Selatan Mengolah Nilai Siswa Serentak

Bengkulu Selatan (Humas)- Persiapan mengakhiri Tahun Pelajaran 2019/2020 dan jelang rapat akhir tahun pelajaran, guru-guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bengkulu Selatan melakukan pengolahan nilai serentak untuk raport dengan memanfaatkan Aplikasi Raport Digital Madrasah (ARD).

Wakil Kepala Madrasah (Wakamad) Bid.Kurikulum, Usman Gumanti, S.Pd, mengatakan bahwa agenda kegiatan guru kita MAN Bengkulu Selatan dalam mengakhiri tahun pelajaran semester genap 2019/2020 ini yaitu menyiapkan laporan hasil belajar siswa, untuk kemudian menjadi telaah kita bersama dalam rapat akhir tahun yang akan kita laksanakan Kamis (18/06) mendatang.

“Seperti biasa, dalam mengakhiri kegiatan pembelajaran di madrasah tugas guru berikutnya, adalah menyiapkan laporan hasil belajar siswa atau mengisi raport siswa sebagaimana hasil yang diperoleh selama semester berjalan, dan untuk pengisian raport kita menggunakan aplikasi Aplikasi Rapor Digital (ARD) dimulai hari ini (Senin, 15/06),” ujarnya.

Sementara Kepala MAN Bengkulu Selatan Dra. Dwi Sugilarwati, M.Pd.I, dalam penyampaiannya hari ini (Senin, 15/06) di hadapan guru yang mengolah nilai dengan ARD Madrasah, mengatakan bahwa proses pengolahan nilai untuk semester genap tahun pelajaran 2019/2020 merujuk pada hasil belajar siswa semester sebelumnya dan juga memperhatikan hasil belajar ketika tatap muka pada awal semsester genap, penilaian tengah semester sebelum pandemic covid, maupun hasil PAT online yang berhasil di gelar.

“Untuk proses pengolahan nilai mata pelajaran kita harapkan guru juga memperhatikan surat edaran tentang kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran covid-19, dengan merujuk pada hasil belajar di semester sebelumnya dan juga hasil belajar tatap muka dan penilaian tengah semester ini yang kita lakukan sebelum pandemic covid, maupun hasil PAT online yang kita laksanakan”, jelasnya.

Dra. Dwi Sugilarwati, M.Pd.I, berharap pengolahan nilai dan proses penyiapan laporan hasil belajar siswa semester genap ini dapat berjalan lancar dan pada waktunya dapat disampaikan kepada siswa dan orang tua  siswa, sebagai bentuk pertangungjawaban kita sebagai guru di madrasah.

“Semoga bapak/ibu guru tetap sehat dan terus memotivasi siswa kita dalam aktivitas pembelajaran di masa covid-19 ini, serta menyelesaikan tugasnya menyiapkan laporan hasil belajar yang akan kita sampaikan kepada siswa dan orang tua siswa” harapnya. (Ich_AbuHanifah)

Bagikan :