Perdalam Pengetahuan Penyusunan Anggaran, Operator MTsN 6 Mukomuko Ikuti EUT SAKTI

Perdalam Pengetahuan Penyusunan Anggaran, Operator MTsN 6 Mukomuko Ikuti EUT SAKTI

Mukomuko (Inmas) - Operator keuangan Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Mukomuko, Mustopa, SHI, Selasa (28/04), mengikuti kegiatan End User Training SAKTI Web Modul Admin dan Anggaran yang diselenggarakan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Mukomuko melalui Aplikasi Zoom. Dalam kegiatan tersebut dibahas mengenai tata cara revisi dan penyusunan anggaran secara online melalui aplikasi SAKTI.

“Terkait revisi dibahas juga mengenai tata cara revisi anggaran untuk keperluan penanganan penanggulangan wabah virus corona yang dipaparkan oleh Hapsari Supraba selaku pemateri dari Kanwil DJPB Provinsi Bengkulu,” kata Mustopa.

Terkait revisi anggaran menurut Mustopa sudah ada gambaran yang cukup detail, karena setelah diimplementasikanya aplikasi SAKTI pada tahun 2020 ini, MTsN 6 Mukomuko sudah pernah melakukan proses Revisi melalui SAKTI. Sedangkan untuk penyusunan anggaran, yang biasanya pada awal tahun sekitar Maret sudah ada penyusunan pagu indikatif, namun mungkin karena adanya wabah virus corona sehingga penyusunan anggaran untuk tahun 2021 belum diadakan.

“Berdasarkan pemaparan pemateri dari KPPN Mukomuko, Tommy Rizki, penyusunan anggaran melalui aplikasi SAKTI tidak jauh berbeda dengan aplikasi RKAKL eksisting, perbedaanya pada Sakti Web dikerjakan secara online, terdapat pemilihan status history dan memerlukan persetujuan KPA,” jelasnya.

Menyikapi penyusunan anggaran secara online, Kepala MTsN 6 Mukomuko, Triyono, S.Pd akan menyiapkan jaringan internet yang memadai. Selain itu Triyono akan selalu memotivasi dan mendorong operator keuangan untuk selalu menambah pengetahuan dan pemahaman tentang Aplikasi SAKTI. (Mustopa)

 

Bagikan :