Optimalkan Siswa Belajar di Rumah, Guru MIN 4 Benteng Kontrol Siswa dari Sekolah

Optimalkan Siswa Belajar di Rumah, Guru MIN 4 Benteng Kontrol Siswa dari Sekolah

Bengkulu Tengah (Inmas) -Dalam  mengoptimalkan proses belajar siswa di rumah, Guru-guru di MIN 4 Bengkulu Tengah mengontrol siswa belajar di rumah dari sekolah. (18/03/2020)

Hari ini Rabu, (18/03),  merupakan hari pertama siswa MIN 4 Benteng diliburkan dan diganti dengan kegiatan belajar di rumah. Hal ini karena pemberlakuan Surat edaran dari Kanwil Kemenag provinsi Bengkulu tentang upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19. Di dalam surat dengan nomor B-2241/Kw.07.1/3/PP.00/03/2020 disebutkan bahwa siswa-siswi madrasah diliburkan dengan mengganti kegiatan belajar siswa di rumah masing-masing.

Pengontrolan ini dilakukan guru-guru MIN 4 Benteng menggunakan media seadanya, yaitu grup WA maupun SMS. Dengan melibatkan orang tua siswa, pengontrolan dimulai dari pukul 07.30 pagi. Dimana jika hari biasa mereka akan memulai kegiatan belajar.

Kegiatan diawali dengan menanyakan siswa-siswa, apakah mereka sudah siap melakukan kegiatan belajar. Apakah mereka sudah mandi dan sarapan. Selanjutnya, mereka diminta untuk melakukan doa. Baru kemudian diberikan tugas-tugas sesuai dengan jadwal mata pelajaran di hari biasanya.

Pengontrolan belajar terhadap anak setingkat MI memang sangat dibutuhkan. Hal ini karena mereka akan cenderung bermalasan ketika tidak bersekolah. Mereka hanya disibukkan dengan aktifitas bermain. Jika hal ini terjadi, tentunya anak-anak akan ketinggalan dalam pelajaran. Lebih lagi, jika aktifitas ini mereka lakukan di luar rumah, tentunya akan membuat program pencegahan terhadap penyebaran Covid-19 ini menjadi kurang efektif.

Kepala MIN 4 Benteng, Anita Utame Nensi, S.Pd menjelaskan, “kegiatan belajar anak di rumah akan kita pantau semaksimal mungkin. Sehingga diharapkan, anak-anak kita tidak ketinggalan pelajaran”. “Disamping itu, pengontrolan ini untuk mendukung program pencegahan penyebaran covid-19”, tutupnya. (Yoga P)

Bagikan :