Sampaikan Khutbah Jumat, Kepala KUA Gading Cempaka Singgung Tentang Virus Corona

Sampaikan Khutbah Jumat, Kepala KUA Gading Cempaka Singgung Tentang Virus Corona

Kota Bengkulu (Inmas)- Bertempat di Masjid Al-Mustaqim yang berada di lingkungan Panti Sosial Trisna Werdha (panti jompo), Jalan Adam Malik Km. 09 RT.  23 Kelurahan Cempaka Permai Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu,Jumat (21 Februari 2020),  Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu, Muhammad Yasir,S.Ag.M.Pd menyampaikan Khutbah Jumat, dengan para jamaah yang mayoritas Lansia penghuni panti jompo dan warga sekitar.

Mengawali khutbah Beliau sebagai Khatib berpesan kepada seluruh jamaah, terutama kepada diri  khatib pribadi untuk senantiasa berusaha meningkatkan ketakwaan dan keimanan  kita kepada Allah SWT.

Dalam kesempatan khutbah kali ini,  khatib menyampaikan tema tentang sebagian tanda-tanda semakin dekatnya hari kiamat. Dalam hadits yang  diriwayatkan oleh Ibnu Majah, dan dinyatakan oleh Al-Hafizh Al-Haitsami dalam Kitab Majma’ Az-Zawa’id sebagai hadits yang shalihlil ‘amalbihi (layak dipedomani), bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihiwasallam bersabda.

Rasulullahshallallahu ‘alaihiwasallam memberitakan kepada kita bahwa apabila umat manusia melakukan lima hal, maka mereka akan dihukum dengan lima hal. Dan kelima  perbuatan itu adalah tanda-tanda semakin dekatnya hari kiamat.

Pertama, apabila suatu kaum sudah terang-terangan melakukan perzinaan maka akan menjalar berbagai wabah dan penyakit yang tidak dikenal sebelumnya di kalangan mereka. Apa yang disinyalir oleh Baginda Nabi tersebut saat ini telah benar-benar terjadi. Saat ini perzinahan marak di mana-mana, misal nya hamil di luar nikah sudah serig terjadi dan pergaulan bebas muda-mudi. Akibatnya merebaklah virus, wabah penyakit yang tidak dikenal sebelumnya, dan sebagiannya sampai saat ini belum ditemukan obatnya, seperti virus HIV, flu burung, flu babi, Mers, Sars dan yang terbaru Virus Corona. Seperti yang kita ketahui, Virus Corona saat ini menjadi momok yang menakutkan bagi masyarakat dunia. Dimana, virus yang berasal dari negara Cina tersebut sudah menelan banyak korban jiwa, dan cukup sulit ditangani. Sebab, penderita virus ini tidak bisa langsung terdeteksi. Karena, masa inkubasi virus ini memerlukan waktu hingga 14 hari baru bisa terdeteksi.

Kedua, apabila suatu kaum telah mengurangi timbangan dan ukuran dan berbuat curang dalam jual beli. Maka mereka akan di azab dengan kemarau berkepanjangan,  melambung tingginya harga kebutuhan pokok, dan kezaliman para penguasa.

Ketiga, apabila suatu kaum enggan membayar zakat. Maka langit akan berhenti meneteskan air hujan untuk mereka. Rasulullah shallallahu ‘alaihiwasallam menegaskan dalam hadits ini. Seandainya bukan karena binatang-binatang, maka Allah tidak akan menurunkan air hujan sama sekali kepada mereka.

Keempat, apabila suatu kaum telah meninggalkan perintah Allah danRasul-Nya serta melakukan larangan Allah dan Rasul-Nya. Maka Allah akan menjadikan mereka dikalahkan dan dikuasai oleh musuh-musuh mereka dari luar kalangan mereka,  lalu musuh-musuh itu akan mengambil paksa apa yang mereka miliki. Harta mereka bahkan tanah air mereka.

Kelima, apabila suatu kaum,  penguasa dan pemimpin mereka tidak lagi memerintah dengan adil sesuai petunjuk Al-Qur'an dan lebih menuruti hawa nafsu mereka. Maka  Allah akan menjadikan kaum tersebut saling bertengkar,  saling berperang dan saling menyerang. Sehingga akhirnya mereka binasa bukan karena serangan musuh dari luar,  tapi Karena perang saudara sesame mereka sendiri.

Demikian khutbah yang disampaikan oleh Yasir, diakhir khutbah Beliau berpesan semoga dapat bermanfaat, dan berdoa semoga Allah tidak menggolongkan kita sebagai kaum yang disebutkan dalam hadits tersebut. (Yasir/Popi)

Bagikan :