Puskesmas Pasar Manna Latih Pramuka MAN Bengkulu Selatan

Puskesmas Pasar Manna Latih  Pramuka MAN Bengkulu Selatan

Bengkulu Selatan (Inmas)-Satuan Karya Pramuka Bakti Husada disingkat Saka Bakti Husada (SBH) adalah wadah pengembangan pengetahuan, pembinaan keterampilan, penambahan pengalaman dan pemberian kesempatan untuk membaktikan dirinya kepada masyarakat dalam bidang kesehatan. Saka Bakti Husada diresmikan pada tanggal 17 Juli 1985, dengan dilantiknya Pimpinan Saka Bakti Husada Tingkat Nasional oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Kamis petang (13/02/2020) latihan rutin anggota regular ekstrakurikuler Pramuka Gudep 07027-07028 pangkalan MAN Bengkulu Selatan bertajuk sosialisasi dan dilanjutkan pemberian materi tentang pengenalan Satuan Karya Pramuka oleh tenaga Promosi Kesehatan Puskesmas Pasar Manna yang dipimpin oleh Kepala Puskesmas Pasar Manna,Tunhaidi, dan turut juga hadir pengurus SBH tingkat kecamatan, Megaria Rahma, Septi Marlina, Edesti, Kartika Oktarini, Vivin Friska, di dampingi pembina Pramuka Niswah Hasanah dan Aprizal Herwanto  serta peserta didik Pramuka. Dari 47 peserta didik yang hadir, 25 peserta mengikuti giat SBH dan 22 peserta didik mengikuti pendalaman Syarat Kecakapan Umum (SKU) Bantara/Laksana.

Kepala Puskesmas Pasar Manna,Tunhaidi menjelaskan tujuan dibentuknya Saka Bakti Husada adalah untuk mewujudkan kader pembangunan di bidang kesehatan, yang dapat membantu melembagakan norma hidup sehat bagi semua anggota Gerakan Pramuka dan masyarakat di lingkungannya.

“Satuan Karya Bakti Husada yaitu salah satu jenis Satuan Karya Pramuka yang merupakan wadah kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam bidang kesehatan yang dapat diterapkan pada diri, keluarga, lingkungan dan mengembangkan lapangan pekerjaan di bidang kewirausahaan,” sampainya.

Lebih lanjut pengurus SBH Puskesmas Pasar Manna, menyampaikan pembinaannya kepada peserta didik, tentang krida obat, krida gizi, krida pola hidup bersih dan sehat, krida lingkungan sehat, krida bina keluarga sehat dan krida penanggulangan penyakit.

Peserta didik Pramuka MAN Bengkulu Selatan, tertarik untuk bergabung dalam giat kesakaan SBH. “Kami senang mengenal SBH dan kami ingin bergabung di Saka Bhakti Husada di semester ini”, ujar Wince pradana putri Pramuka MAN Bengkulu Selatan.

“Kita akan bersama-sama berlatih dan menggali lebih dalam tentang Saka Bhakti Husada ini setelah kita bergabung dan menerima pendidikan dan latihan rutin dari Pamong atau Instruktur Saka Bhakti Husada. Untuk itu 6 bulan kedepan kita akan berlatih bersama dan mendapatkan materi tentang kesakaan SBH”, ujar Kak Niswah Hasanah menimpali peserta didiknya.

“Semoga kakak-kakak pengurus, pamong dan instruktur Saka Bhakti Husada Puskesmas Pasar Manna, tetap semangat memberikan pendidikan dan latihannya ke depan, dan semoga cita-cita untuk mewujudkan Saka Bakti Husada dan Pramuka berjaya menjadi kenyataan”, harapnya. (Ich_AbuHanifah)

Bagikan :