Jamin Kesehatan Siswa, MTsN 6 Mukomuko Gandeng Puskesmas

Jamin Kesehatan Siswa, MTsN 6 Mukomuko Gandeng Puskesmas

Mukomuko (Inmas) - Untuk menjamin kesehatan siswa selama di sekolah, Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Mukomuko menjalin kerjasama dengan mengandeng Puskesmas terdekat, yaitu Puskesmas Bukit Mulya. Sebagai bukti berjalannya kerjasama tersebut, Kamis,(06/02/2020) bertempat di Gedung MTsN 6 Mukomuko, sebanyak 29 Siswi kelas VII mendapatkan penyuluhan dan pembagian Tablet Tambah Darah (TTD).

Petugas dari Puskesmas Bukit Mulya, Nani menjelaskan bahwa penyulusan dan pembagian tablit tambah darah ini merupakan program Kementerian Keseharan RI untuk mengurangi resiko penyakit anemia. Menurutnya Anemia adalah suatu penyakit dimana sel darah merah (Hb) berada di bawah normal.

Lebih lanjut Nani menjelaskan bahwa remaja putri mengalami siklus haid rutin yang mengurangi darah dalam jumlah cukup banyak. Pola makan serta gaya hidup yang kurang baik juga meningkatkan risiko anemia.

"Fungsi pemberian tablet tambah darah bagi remaja putri ini untuk meninggikan hemoglobin atau Hb darah, sebagai persiapan jangan sampai menyulitkan para remaja putri itu ketika memasuki usia menikah, sehingga bisa menjadi kematian ibu dan bayi saat melahirkan," jelasnya.

Kepala MTsN 6 Mukomuko, Triyono mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak Puskesmas. Ia berharap jalinan kerjasama ini dikemudian hari dapat ditingkatkan dalam kapasitas yang lebih besar, diantaranya kerjasama terkait Unit Kesehatan Sekolah (UKS), baik dalam bentuk pelatihan maupun obat-obatan. (Mustopa)

Bagikan :