Jaga Kesehatan Gigi Siswa, MIN 4 Benteng Kelas Sidodadi Kerjasama dengan Puskesmas

Jaga Kesehatan Gigi Siswa, MIN 4 Benteng Kelas Sidodadi Kerjasama dengan Puskesmas

Bengkulu Tengah (Inmas) - Kamis, 30 /01/2020 MIN 4 Benteng  Kelas jauh di Siodadi, bekerjasama dengan Puskesmas Sidodadi mengadakan sosialisasi kesehatan gigi kepada siswa. Hal ini menyikapi karena banyaknya siswa yang kesehatan giginya masih kurang terjaga. Masih ada bekas makanan di gigi, maupun banyaknya siswa yang memiliki gigi berlubang. Kegiatan ini dimulai dengan sosialisasi di kelas, dilanjutkan dengan praktek sikat gigi.

Penyebab gigi berlubang pada anak diantaranya kebiasaan makan makanan yang manis, kurang flouride, kurang minum dan kurang terbiasa sikat gigi, dan kalupun sikat gigi tetapi masih kurang bersih. Berdasarkan pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh tim dari puskesmas yang dipimpin oleh drg. Rizky saat sosialisasi, penyebab utama kesehatan gigi siswa masih kurang terjaga ini karena belum terbiasanya siswa menyikat gigi. Terutama sikat gigi sebelum tidur. Hanya beberapa siswa yang menyatakan mereka melakukannya.

“Sikat gigi minimal dilakukan dua kali sehari. Pagi-setelah sarapan dan malam-sebelum tidur. Hal ini sangat penting, terutama sikat gigi sebelum tidur. Hal ini karena mulut kita tidak ada aktifitas lagi. Sehingga, sisa makanan akan menempel lama dan menyebabkan berkembangnya kuman-kuman yang dapat menyebabkan kerusakan gigi” Papar drg. Rizky.

Kegiatan ini dimulai dengan sosialisasi kesehatan gigi yang disampaikan drg. Rizky di kelas. Selanjutnya, siswa diajak ke lapangan untuk melakukan praktek langsung sikat gigi. Saat prakek ini, siswa diajari secara detail cara menyikat gigi yang baik dan benar, agar sisa-sisa makanan di mulut benar-benar bersih. Saat kegiatan ini, setiap siswa diberikan sikat gigi secara gratis dan bisa dibawa pulang.

“Dengan penyampaian pentingnya sikat gigi yang disampaikan langsung oleh dokter gigi, mudah-mudahan siswa semakin sadar dan terbiasa menjaga kesehatan gigi. Jika gigi sehat, mereka akan selalu dapat belajar dengan baik, karena tidak ada masalah kesehatan yang berasal dari gigi”, harapan pak Karyono, kordinator di MIN 4 Benteng Kelas Jauh di Sidodadi. (A Yoga P)

Bagikan :