MTsN 6 MM Hadiahi ‘Bendera Putih’ Untuk Kelas Terbersih

MTsN 6 MM Hadiahi ‘Bendera Putih’ Untuk Kelas Terbersih

Mukomuko (Inmas) – Program sekolah bersih yang dicanangkan oleh MTsN 6 Mukomuko patut diapresiasi, dengan akan memberikan hadiah bendera putih untuk kelas terbersih. Sementara kelak terkotor akan diberikan hadiah bendera hitam. Program ini dalam rangka menjaga suasana belajar menjadi nyaman, mendukung kegiatan sekolah yang bersih dan mencetak wali kelas yang inovatif serta menghargai kreativitas siswa siswinya.

Kepala MTsN 6 Mukomuko, Triyono, S.Pd mengatakan, program lomba kebersihan ini dilaksanakan mingguan.  Penilaian dilakukan tiga kali dalam sepekan, hasilnya pada hari senin pekan berikutnya diumumkan pada saat pelaksanaan upacara. Penilaian dalam lomba kelas bersih ini disepakati dengan memenuhi 10 kriteria. Di antaranya kebersihan lantai, kebersihan lemari kelas, kebersihan meja dan kursi, papan tulis, ketersedian peralatan kebersihan juga kerapihan perangkat kelas lainnya.

‘’Dari lomba kebersihan kelas ini bisa memotivasi siswa agar hidup bersih bisa melekat dalam sanubari. Sehingga setelah dewasa, budaya hidup bersih bisa terbawa dan membangkitkan budaya bersih sejak masih di bangku sekolah. Penanaman budaya hidup bersih sehat (PHBS) sejak dini, akan membawa pengaruh positif bagi internalisasi dan implementasi budaya kesehatan,” kata Triyono.

Lomba kebersihan ini merupakan program Wakil Kepala Bagian Kesiswaan yang dijabat oleh Afifi Hidayat, S.Pd.I. Program ini sudah berjalan sejak Tahun Pelajaran 2017/2018 dan saat ini pada TP 2019/2020 masih tetap dilanjutkan. (Mustopa)

 

Bagikan :