MAN 1 Mukomuko Pelajari Konservasi Penyu

MAN 1 Mukomuko Pelajari Konservasi Penyu

Mukomuko (Inmas) - Siswa kelas X dan XI IPA MAN 1 Mukomuko melaksanakan belajar sehari di luar kelas bersama sejumlah anggota Komunitas Pecinta Alam dan Konservasi Penyu Mukomuko. Mereka mendalami materi pelajaran Biologi tentang Konservasi Penyu, di Pantai Batu Kumbang pada Sabtu, (11/12/2020).

Kegiatan belajar sehari di luar kelas dihadiri oleh Kepala MAN 1 Mukomuko (Nursyamsiah, M. Pd.) dan Kepala Desa Pulau Baru. Kegiatan dimulai dengan mengunjungi tempat pengembangbiakan Penyu di Kantor KPAKPM yang terletak di Desa Pulau Baru Kec. Ipuh.

Usai melihat tempat konservasi Penyu, Siswa MAN 1 Mukomuko lanjutkan kegiatan di pantai Batu Kumbang dengan mendengarkan penyampaian materi tentang sejarah penyu dan jenis-jenisnya.

“Penyu merupakan hewan purba yang masih hidup hingga saat ini dan jenisnya semakin berkurang. Sekarang jenis Penyu hanya tinggal tujuh jenis enam diantaranya ada di Indoensia dan yang satunya lagi ada di Luar Indonesia. Artinya kita memiliki tanggungjawab untuk menjaga Penyu dari kepunahan,” kata Kepala MAN 1 Mukomuko Nursyamsiah, M. Pd.

         MAN 1 Mukomuko berharap dengan memberikan pemahaman terhadap siklus kehidupan Penyu, siswa MAN 1 Mukomuko dapat menjadi bagian dari pelindung dan penyelamat Penyu dari kepunahan. Lebih dari pada itu, mampu mengajak masyarakat untuk bersama-sama melakukan kensevasi penyu serta menjaga lingkungan hidup. *(J88)

 

Bagikan :