Penasihatan Pranikah KUA Ujan Mas

Penasihatan Pranikah KUA Ujan Mas

kepahiang (Inmas)-Salah satu kewajiban yang harus ditunaikan oleh calon pengantin (catin) baik laki-laki maupun perempuan yang pernikahannya di laksanakan didaerah kecamatan Ujan Mas adalah menghadiri undangan dari pihak KUA untuk mengikuti penataran pra nikah. Penataran pranikah selalu diberikan kepada seluruh catin untuk memberi bekal ilmu dan pengetahuan tentang prosesi ijab qobul, tugas dan kewajiban suami dan membentuk  keluarga sakinah, Selasa (10/12).

Dalam hal penataran atau penasihatan pra nikah ini Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ujan Mas pak Mudahri selalu menugaskan Penyuluh Agama Islam pak Muslimin, S. Ag M. Ag untuk menyampaikan materi, untuk materi pada kesempatan ini pak Mus menjelaskan tentang prosesi ijab qobul dan kiat-kiat membentuk keluarga sakinah.

Namun sebelum materi di sampaikan, terlebih dulu para catin di suruh membaca istighfar dan dua kalimat syahadat secara bergantian, tujuannya adalah untuk mengetahui apakah para catin tersebut sudah bisa membaca istighfar dan dua kalimat syahadat dengan baik dan benar. Dalam penyampaiannya pak Muslimin menekankan bahwa pengucapan ijab dan qobul seakan-akan hal yang tak terlalu sulit, akan tetapi pada kenyataan di lapangan banyak sekali yang yang mengulangi dua hingga tiga kali.

Untuk itulah maka pihak KUA Ujan Mas merasa perlu untuk memberikan penasihatan pranikah dimaksud, berarti selain catin laki-laki dan walinya harus hafal kalimat yang akan diucapakan dalam ijab qobul nanti, lebih penting lagi keduanya harus punya mental yang kuat biar ketika sudah sampai pada hari H bisa mengucapkan dengan fasih dan lancar. Penasihatan pranikah ini dilaksanakan pada setiap hari Selasa dan Kamis. Demikian Muslimin.

Bagikan :