Gelar Seleksi PAI Non PNS, Ka. Kemenag Harap Peserta Mampu Menangkis Paham Radikal

Gelar Seleksi PAI Non PNS, Ka. Kemenag Harap Peserta Mampu Menangkis Paham Radikal

Bengkulu (Inmas) - Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Utara, selenggarakan Tes Tertulis dan Wawancara, guna seleksi Penyuluh Agama Islam Non Pegawai Negeri Sipil Periode 2020-2024, dilingkungan kantor setempat, Minggu (8/12/2019), bertempat di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bengkulu Utara.

Tes tersebut, menurut Ketua Panitia Drs. Turman, diikuti oleh 193 peserta dari 86 peserta lagi yang akan diterima. Sebelumnya juga telah dilaksanakan tes dan dinyatakan 14 orang lulus. Sehingga nantinya dari quota 100 yang diberikan oleh Kementerian Agama Pusat akan terpenuhi.

Sedangkan teknisnya, masih menurut Turman, para peserta tes tertulis terbagi atas Delapan kelas dengan didampingi Dua orang pengawas yang telah ditunjuk oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Utara. Untuk satu kelas rata-rata terdiri dari 24 Peserta. Sementara untuk tes wawancara, telah disiapkan ruang laboratorium dengan tim penguji berasal dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Utara, dan dari Kelompok Kerja Penyuluh (POKJALUH) Kabupaten Bengkulu Utara.

Disisi lain, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Utara, H. Heriansyah, S. Ag.,MH, pada kesempatan itu menyatakan bahwa pada dasarnya seleksi yang dilaksanakan ini adalah merupakan sebagai perpanjangan tangan dari Kementerian Agama Pusat, kabupaten hanya melaksanakan saja. Namun lebih jauh dari itu, seleksi ini nanti diharapkan akan mampu menyaring para Penyuluh Agama Islam Non PNS yang betul-betul memiliki skill dalam menyampaikan da’wah dan mampu menangkis paham-paham radikal ditengah-tengah masyarakat. (eb)

Bagikan :