MIN 5 MM Antusias Adakan Sehari Belajar Di Luar Kelas

MIN 5 MM Antusias Adakan Sehari Belajar Di Luar Kelas

Mukomuko (Inmas)-Menindaklanjuti surat edaran Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (PPPA RI) Nomor 1169/KPP-PA/D.IV.4/PA.02/10/2019 perihal pelaksanaan kegiatan belajar sehari di luar kelas. MIN 5 MM memulai dengan menyambut siswa dengan 3S (senyum, salam dan sapa), kemudian menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dengan didampingi para dewan guru, Kamis (7/11).

Kepala Madrasah MIN 5 MM, Jasman, S.Pd. mengatakan “kegiatan sehari belajar di luar kelas sangat mendukung satuan pendidikan untuk mempersiapkan anak pada kehidupan yang toleran, saling menghormati dan juga mampu bekerjasama”, ujarnya.

Jasman menambahkan, kegiatan belajar sehari di luar kelas tersebut diharapkan dapat bernilai positif untuk perkembangan dan peningkatan pendidikan siswa-siswi melalui proses pembelajaran yang lebih menyenangkan.

"Siswa-siswi sangat antusias dan semangat dalam mengikuti susunan kegiatan sehari belajar diluar kelas dari awal sampai akhir, terlebih kegiatan sarapan bersama" tambah nya.

Konvensi Hak Anak dan UU tentang perlindungan anak mengamanatkan Negara untuk dapat memenuhi tujuan pendidikan. Salah satu bentuk pengembangannya ialah melalui kegiatan sehari belajar di luar kelas, hal ini mengusung peringatan Hari Anak Internasional tanggal 20 November 2019. Kegiatan ini juga turut melibatkan Kemendikbud, Kemenag, Kemenkes, Kementerian LHK, Kantor Sekretariat Presiden, Badan Pengawasan Obat dan Makanan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana, dan dinas yang menangani Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak baik di Provinsi maupun kabupaten/kota.

Kegiatan bertujuan untuk mendorong anak peserta didik menerapkan dan berprilaku yang membentuk karakter positif, perilaku hidup bersih dan sehat, mencintai tanah air dengan kegiatan permainan tradisional, serta gerakan literasi dan kegiatan lainya yang mendukung peningkatan pengetahuan dan tumbuh kembang anak.

 (susanti oktavia)

Bagikan :