Puskesmas Kelobak Bentuk Kader Poskestren MAS 02 Al-Munawwaroh Kepahiang

Puskesmas Kelobak Bentuk Kader Poskestren MAS 02 Al-Munawwaroh Kepahiang

Kepahiang (Inmas) – Tanggal 31 Oktober 2019 telah dilaksanakan Pembentukan dan Pembinaan Kader Poskestren MAS 02 al-Munawwaroh Kepahiang oleh Puskesmas Kelobak Kabupaten Kepahiang. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala MAS 02 Al-Munawwaroh Kepahiang M. Syarif Hidayatullah N, M. Sy,

    Kegiatan utama Poskestren yaitu pemberdayaan masyarakat pesantren, antara lain dengan mengadakan upaya penyuluhan kesehatan/promosi kesehatan, kesehatan lingkungan, gizi atau pola konsumsi seimbang, penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), pelayanan kesehatan sederhana/dasar, pelayanan kesehatan kunjungan oleh Puskesmas (bila memungkinkan) dan pengembangan penyediaan pelayanan kesehatan.

    Pihak Puskesmas Kelobak menyampaikan kegiatan ini merupakan Sebagai Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) di lingkungan Pondok Pesantren (ponpes), maka Poskestren mempunyai prinsip dari, oleh, dan untuk warga ponpes.

    Poskestren harus mengutamakan pelayanan promotif (peningkatan kesehatan) dan preventif (pencegahan penyakit) tanpa mengabaikan aspek kuratif (pengobatan) dan rehabilitatif (pemulihan kesehatan).

    M. Syarif Hidayatullah N, M. Sy, berharap Semoga dengan terbentuknya kader Poskestren ini dapat memacu kehidupan yang lebih bersih dan sehat dikalangan siswa. Novi

Bagikan :