Giat Pembinaan Keluarga Sakinah, Kakankemenag BU: “Agama Berperan Penting dalam Pembentukan Keluarga Sakinah, Mawaddah, dan Warahmah”

Giat Pembinaan Keluarga Sakinah, Kakankemenag BU: “Agama Berperan Penting dalam Pembentukan Keluarga Sakinah, Mawaddah, dan Warahmah”


Giat Pembinaan Keluarga Sakinah, Kakankemenag BU: “Agama Berperan Penting Dalam Pembentukan Keluarga Sakinah, Mawaddah, dan Warahmah”


Bengkulu (Inmas) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Utara, melalui Seksi Bimbingan Masyarakat Islam, gelar kegiatan Pembinaan Keluarga Sakinah terhadap 15 Calon Pengantin (Catin) dalam wilayah Kecamatan Padang Jaya, bertempat di Aula Kantor Urusan Agama (KUA) setempat, Senin (28/10/2019). Hadir dalam acara tersebut, Kakan Kemenag Bengkulu Utara, H. Heriansyah, S, Ag. MH, Kasi Bimas Islam, Hamid Muhakam,S,Hi, M,Hi, dan Kepala KUA, Sigit Susanto, S,Sos.I, sekaligus sebagai nara sumber, serta para staf Bimas dan Catin dalam ruang lingkup wilayah Kecamatan Padang Jaya.

Pada Kesempatan itu, dalam awal kata sambutannya, Kepala KUA kecamatan Padang jaya, Sigit Susanto, menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Kakan Kemenag, Kasi Bimas Islam, beserta staf guna memberikan pembinaan kepada para Catin diwilayah Kecamatan Padang jaya. Juga menyampaikan permohonan ma’af jika dalam penyambutannya kurang berkenan.

Sementara itu, Kakan Kemenag Kabupaten Bengkulu Utara, H. Heriansyah, S,Ag, MH, pada penyampaian materinya, menjelaskan bahwa tujuan dari pernikahan adalah untuk membentengi akhlak yang mulia, memenuhi tuntunan naluri manusia yang asasi, untuk menegakan rumah tangga yang Islami, dan meningkatkan ibadah kepada Allah Swt, serta memperoleh keturunan yang shalih.

Lebih lanjut dikatakannya, adapun manfaat dari perkawinan adalah Dapat menundukan pandangan, akan terjaga kehormatan, terpelihara dari beragam maksiat, akan ditolong dan dimudahkan oleh Allah Swt, menjaga syahwat yang merupakan salah satu sebab dijaminnya ia untuk masuk ke dalam Surga, mendatangkan ketenangan dalam hidup, akan mendapatkan keturunan yang shalih, dan menikah dapat menjadi sebab peningkatan jumlah ummat Nabi Muhammad SAW.

Terakhir, Kakan Kemenag pada kesimpulannya menyampaikan bahwa agama memiliki peran penting dalam membentuk keluarga Sakinah, Mawaddah, dan Warahmah. Karena agama merupakan ketentuan-ketentuan Allah Swt, yang membimbing dan mengarahkan manusia menuju kebahagiaan dunia dan akherat.

Disisi lain, Hamid Muhakam, Kasi Bimas Islam, pada materinya lebih menekankan kepada pembentukan keluarga berbahagia, dan tatacara menghadapi berbagai problem dalam rumah tangga. Kuncinya adalah ‘kesabaran’. (eb)

Bagikan :