Peduli Kebersihan Lingkungan, Siswa MAN 1 Mukomuko Bersihkan Pantai dari Sampah

Peduli Kebersihan Lingkungan, Siswa MAN 1 Mukomuko Bersihkan Pantai dari Sampah

Mukomuko (Inmas)-Tidak cukup hanya dengan materi tentang cinta lingkungan, Guru Muatan Lokal MAN 1 Mukomuko Bapak Delvi Nasri, S. Pd.I mengajak siswa MAN 1 Mukomuko bersihkan sampah di Pantai Batu Kumbang, Minggu, 27 Oktober 2019.

“Kegitan membersihkan sampah disepanjang pantai Batu Kumbang merupakan bagian dari pendidikan karakter, agar siswa tidak hanya paham pentingnya menjaga kebersihan lingkungan tetapi juga mampu merealisasikan dalam kehidupannya.” Tutur Delvi Nasri.

Selain mengajak siswa mengimplementasikan materi pelajaran tentang cinta lingkungan, Siswa MAN 1 Mukomuko juga mengajak masyarakat khususnya pengunjung pantai agar menjaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan dan memungut sampah jika melihat ada sampah yang berserakan di pantai.

Bapak Delvi Nasri berharap pemerintah desa menyediakan tempat sampah disepanjang pantai, agar pengunjung memiliki tempat pembuangan sampah. Selain itu, papan himbauan atau pun peringatan untuk tidak membuang sampah sembarangan harus diadakan agar masyarakat menyadari bahwa pemerintah mengawasi dan peduli terhadap lingkungan.

Dari hasil gotong royong membersihkan pantai, ada sebanyak sepuluh karung sampah yang berhasil dikumpulkan oleh siswa MAN 1 Mukomuko. MAN 1 Mukomuko meyakini bahwa membersihkan sampah saja tidak cukup untuk menjaga lingkungan, oleh kerena itu perlu pencegahan  secara bersama-sama agar lingkungan khususnya pantai dapat terjaga kebersihan dan keindahannya. *(J88)

 

Bagikan :