Target MTQ Berkualitas, Verifikasi Peserta Digarap Seksama

Target MTQ Berkualitas, Verifikasi Peserta Digarap Seksama

Bengkulu (Inmas) - Mendekati pelaksanaan MTQ Provinsi Bengkulu ke-34 tanggal 7 Oktober 2019 mendatang, proses verifikasi calon peserta dari kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu sampai hari ini masih berlangsung di Bidang Penerangan Agama Islam Zakat dan Wakaf Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu.

Setiap cabang lomba dan tangkai pertandingan MTQ Provinsi Bengkulu ke-34  yang akan digelar di Kabupaten Mukomuko ini telah terikat dengan umur peserta yang akan mengikuti cabang lomba tersebut. Hal itu berdasarkan peraturan yang telah diterbitkan oleh LPTQ Prov. Bengkulu, ada sebanyak 50 cabang dan tangkai lomba yang akan dilombakan dalam MTQ tersebut dengan berbagai kriteria dari anak-anak sampai dewasa.

Untuk memastikan peserta betul-betul berasal dari Provinsi Bengkulu, verifikasi dilakukan oleh tim dari Dukcapil Provinsi Bengkulu. Verifikasi dilakukan berdasarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga (KK).

“Target kita adalah pelaksanaan MTQ Provinsi Bengkulu harus berkualitas, kredibilitas peserta MTQ yang mengikuti kegiatan ini harus betul-betul terjamin, NIK dan KK kita verifikasi, hingga keabsahan nama dan alamat pun tak luput dari perhatian” ungkap Kepala Bidang Penerangan Agama Islam Zakat dan Wakaf H.M. Soleh.

“Menghindari kerancuan data, sampai hari ini masih ada calon peserta yang perlu dikomunikasikan dengan pihak terkait, seperti Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota se-Provinsi Bengkulu, maupun Kesra Kabupaten/Kota untuk memperoleh data yang valid” lanjutnya.

“Oleh karena itu dibutuhkan kerja sama berbagai pihak untuk kelancaran proses perencanaan dan verifikasi peserta, mengingat bahwa tanggal 23 mendatang akan dilaksanakan penetapan calon peserta dan keikutsertaan Kabupaten/Kota dalam event tersebut” terangnya. (js)


Bagikan :