MTsN 2 Mukomuko Sukses Gunakan E-Voting Pada Pemilu Ketua OSIM Periode 2019-2020

MTsN 2 Mukomuko Sukses Gunakan E-Voting Pada Pemilu Ketua OSIM Periode 2019-2020

Mukomuko (Inmas), Tata cara pemilihan ketua dan wakil ketua OSIM di MTsN 2 Mukomuko tahun ini berbeda dengan tahun yang lalu. Tahun ini panitia pelaksana pemilihan umum ketua dan wakil ketua OSIM melakukan inovasi  dengan melakukan pemilihan secara e-voting (elektronic voting).

Pelaksanaan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIM yang agendanya akan dilakukan hari Sabtu besok sepakat untuk dimajukan hari ini, Senin (10/09/2019) mengingat persiapan aplikasi e-voting sudah siap digunakan sejak beberapa hari yang lalu. Selain itu, masing-masing kandidat juga sudah mengikuti serangkaian tes sebelum maju mencalonkan diri seperti kampanye visi misi, program kegiatan, dan debat kandidat.

Muhsinun,M.Pd.I selaku kepala madrasah mendukung penuh dan mengapresiasi atas persiapan dan inovasi baru dalam pelaksanaan pemilu OSIM tahun ini. Beliau menyampaikan bahwa penggunaan e-voting merupakan salah satu upaya dalam memanfaatkan teknologi yang berkembang pesat di era saat ini.

Pada kesempatan itu, Nopriadi, S.Kom selaku operator menerangkan teknis pelaksanaan pemilu OSIM menggunakan e-voting."Nanti anak-anak tinggal login menggunakan nomor peserta yang telah disediakan panitia, lalu siswa diberi kesempatan untuk mengklik tampilan foto masing-masing kandidat yang dipilih. Setelah selesai, hasil bisa langsung dicek diaplikasi," jelasnya.

Pelaksanaan e-voting yang berlangsung di aula madrasah itu menggunakan tujuh PC. Satu PC untuk operator, dan 6 PC untuk mengisi bilik pemilihan. Secara bergiliran masing-masing kelas setiap tingkatnya diberikan kesempatan untuk menyalurkan suaranya. (Muhtohar)

Bagikan :