Kelompok Kerja Kepala Madrasah Ibtidayyah (K3MI) kab. MukoMuko bahas masalah K13, penyusunan soal ujian hingga aplikasi simpatika

Kelompok Kerja Kepala Madrasah Ibtidayyah (K3MI) kab. MukoMuko bahas masalah K13, penyusunan soal ujian hingga aplikasi simpatika

Mukomuko, (Inmas), Kamis 22 agustus 2019 MIN 6 Mukomuko menjadi tuan rumah dalam rapat kunjungan kerja K3MI tahun ini. Adapun persoalan yang di bahas pada rapat ini mengenai pendalaman materi K13 dan rencana penyusunan soal ujian.

Hadir pada rapat ini diantaranya, ka.MIN 1 mm Masyitah Harahap, S.Pd, ka.MIN 3 mm Parhatun, M.Pd, ka.MIN 4 mm Doni Akhtiar, M. Pd, ka.MIN 5 mm Jasman, S. Pd. I, dan ka.MIN 6 mm Rusli, S. Pd. I serta didampingi 3 orang cpns MIN 6 mm, Delti Daniati, S. Pd. I, Nova Rediani, S. Pd, dan Rabiyal Yusra, S. Pd. I.

Pada rapat K3MI ini, fokus pembahasan adalah mengenai pendalaman penerapan materi K13 dan rencana penyusunan soal ujian yang kebetulan tahun ini tugas penyusunan soal ujian dilimpahkan pada MIN 5 mm.

Dalam pembukaan rapat ini, ka.MIN 5 mm Jasman, S. Pd. I menyampaikan bahwa untuk menyamakan persepsi tentang materi K13, maka perlu adanya kesepakatan antar MIN sekabupaten Mukomuko  mengenai materi ajar, perangkat belajar, teknik penilaian, serta buku guru yang akan di gunakan pada tahun ajaran ini. Karena nantinya kesepakatan ini akan berdampak positif dalam proses pembuatan soal ujian.

"Berhubungan pada tahun ini, jatah pembuatan soal ujian ditugaskan pada MIN 5 mm, maka perlu kiranya kita membuat kesepakatan mengenai materi ajar, teknik penilaian mulai dari KI-1 sampai KI-4 dan buku guru yang akan kita gunakan dalam proses KBM, agar nantinya soal yg kita buat seluruhnya telah di ajarkan dan di pahami oleh siswa-siswa kita" ujarnya.

"Juga nanti nya kami mengharapkan bantuan dari CPNS MIN 6 MM untuk bisa berbagi pengalaman mengenai materi K13 ini, berhubung para CPNS ini berlatar belakang dari sekolah Diknas sebelum bergabung di Kemenag, tentu sedikit bnyaknya mengetahui tentang bagaimana aplikasi K13 di sekolah Diknas", imbuh nya.

Sementara Itu Rusli, S.Pd Selaku Tuan Rumah K3MI tahun 2019 Munyampaikan "Mengenai penyusunan jadwal dalam aplikasi simpatika, juga akan kita koordinasikan terus antar MIN sekabupaten MM karena akan banyak penyelarasan jadwal pelajaran tematik yang sebelumnya masih bersifat terpisah antara pelajaran yg 1 dengan yang lainnya." Tutup Rusli (Ryusr)

Bagikan :