KSM 2019, MAN 1 Kepahyang rebut empat medali

KSM 2019, MAN 1 Kepahyang rebut empat medali

Durian Depun (30/7) Gelaran Kompetensi Sains Madrasah (KSM) oleh Kementerian Agama Republik Indonesia yang terbagi dalam tiga jenjang : Madrasah Ibtida'yah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA) yang bertujuan untuk menguji kompetensi siswa dalam bidang SAINS diikuti 117 siswa. Pada tahun 2019 ini, terdapat enam mata pelajaran yang dikompetisikan pada jenjang Madrasah Aliyah yaitu : Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Geografi dan Ekonomi. Seleksi tingkat madrasah diselenggarakan di MAN 1 Kepahiang pada awal tahun ajaran baru dilanjutkan pembekalan dan pelatihan intensif bersama Guru Pembina KSM. Sebanyak 12 siswa menjadi perwakilan ke tingkat Kabupaten yang menjalani seleksi secara online tanggal 20 Juli 2019 di MAN 2 Kepahiang.

Alhamdulillah, siswa MAN 1 Kepahiang berhasil mendulang empat medali yaitu: Asmawati juara 1 mata pelajaran Geografi, Yuni Okmiati juara 2 mata pelajaran Ekonomi, Rosyidah juara 3 mata pelajaran Kimia, dan Muhammad Firman juara 3 mata pelajaran Biologi. Keempat siswa ini akan dipertemukan dengan siswa kompetitor dari sekolah lain pada seleksi tahap provinsi di Kota Bengkulu. Kementerian Agama Kabupaten Kepahiang telah melayangkan surat undangan untuk peserta kepada Kepala MI, MTs, dan MA untuk hadir pada hari Rabu, 31 Juli 2019 dalam agenda penyerahan piagam oleh Kemenag Kabupaten Kepahiang. Tentunya ajang KSM ini menawarkan pengalaman berkompetisi yang tidak diperoleh semua siswa sehingga menjadi semangat tunas muda bangsa diharapkan tumbuh dan semakin percaya diri dalam mengasah bakat sains.

Kepala MAN 1 Kepahiang, Dra. Hj. Rosnani, M.Pd memberikan apresiasi terhadap prestasi yang diraih para siswa dan memotivasi siswa bersyukur, jangan berpuas diri dahulu, dan mempersiapkan diri untuk tampil pada tahapan seleksi selanjutnya yang memerlukan belajar lebih intensif. Dengan kompetisi ini, siswa diharapkan terus berupaya menjadi yang terbaik, tidak hanya cerdas intelektual namun juga berkarakter baik dan berakhlak mulia. Semoga siswa dapat mencapai cita menjadi ilmuan sains yang memberikan kontribusi positif bagi kemajuan pendidikan dan agama, serta mengharumkan nama sekolah dan daerah di tingkat nasional.

Selain itu, bentuk apresiasi juga ditunjukkan dengan penyerahan hadiah dan piagam diĀ  lapangan MAN 1 KepahiangĀ  setelah upacara hari senin, 5 Agustus 2019. Semoga dengan ini, sishwa lain juga termotivasi untuk belajar lebih giat lagi. Beliau juga menyampaikan terimakasih atas dedikasi guru pendamping KSM mata pelajaran Geografi kepada Nova Berlianta, S.Pd, mata pelajaran Ekonomi kepada Bertha Ayulia, S.Pd.I, Mata pelajaran Kimia kepada Japar, S.Pd serta mata pelajaran Biologi kepada Nirmala Sani K, S.Pd yang telah melakukan pembinaan yang luar biasa.

Bagikan :