KUA Seluma Selatan adakan Bimbingan dan Penyuluhan Bagi Remaja Pra Nikah

KUA Seluma Selatan adakan Bimbingan dan Penyuluhan Bagi Remaja Pra Nikah

Seluma (Inmas) - Penyuluhan dan Bimbingan serta Pemberian informasi kesehatan reproduksi bagi calon pengantian (catin) dinilai penting sebagai kesiapan memasuki jenjang pernikahan. Untuk itu, perlu adanya sinergitas antara Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan Kantor Urusan Agama (KUA) untuk memberikan edukasi terkait kesehatan reproduksi.(17/06/2019)

 

Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat  (Puskesmas) Kec. Seluma Selatan, Heri Novian, SKM mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan  KUA Seluma Selatan untuk meningkatkan pemahaman bagi catin. Keduanya mempunyai peran penting dalam mengajarkan catin untuk mengelola persiapan pernikahan.

 

“Jadi para catin diajarkan mengelola persiapan pernikahan, bukan melakukan intervensi setelah terjadi masalah dalam perkawinan,” katanya usai acara Pertemuan Bimbingan Dan Penyuluhan Bagi Remaja Usia Pra Nikah di Kel. Padang Rambun Kec. Seluma Selatan.

 

Dikatakan Heri, saat melakukan pemeriksaan kesehatan, Puskesmas dapat juga memberikan konseling bagi para catin. Selain itu, jika ada catin yang mengalami gangguan kesehatan bisa melakukan rujukan.

 

Dalam Kesempatan tersebut Kepala KUA Seluma Selatan, Nanang Hermanto, MHMenyampaikan, untuk KUA akan lebih maksimal dalam memberikan seminar pra-nikah kepada para catin. Adapun seminar tersebut baik berupa kesiapan fisik menghadapi masalah dalam rumah tangga maupun upaya yang harus dilakukan dalam mewujudkan keluarga yang sakinah.

 

“Bimbingan dan Penyuluhan ini perlu dilakukan karena sama-sama memberikan dampak yang positif untuk edukasi dan mengurangi angka perceraian,” pungkas Nanang.

 

Lanjut, Nanang Kegiatan ini akan dilaksanakan di 11 desa wilayah Kec. Seluma Selatan. Kegiatan ini didukung penuh oleh Camat dan Kepala Desa beserta Perangkatnya ini dibuktikan dengan kehadiran dan Apresiasi dari keduanya. (SA/BN).

Bagikan :