Proktor MIN 2 Rejang Lebong Bimbing Pengisian ARDM

Proktor MIN 2 Rejang Lebong Bimbing Pengisian ARDM

Aplikasi Rapot Digital Madrasah  /ARDM  merupakan salah satu implementasi terbaru tata kelola penilaian belajar pada Madrasah sesuai dengan SK Dirjen Pendis Nomor : 5161 Tahun 2018. 

Pagi ini Kamis, 13/06/19, Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Rejang Lebong yang beralamat di Jln. Kampung Jeruk Kepala Curup telah menerapkan Aplikasi Rapot Digital Madrasah (ARDM). 

Ditemu disela penginputan nilai siswa, Ruslan Sitinjak, S.Pd.I selaku Proktor ARDM menjelaskan,  “Aplikasi Raport  Digital Madrasah  merupakan aplikasi penilaian hasil belajar siswa berbasis online yang dibuat oleh Kementrian Agama / Kemenag RI.  Seluruh madrasah diwajibkan menggunakan ARDM  guna mempermudahkan guru-guru untuk menginput nilai siswa”.

            “Dalalam aplikasi raport tersebut seluruh data siswa di input termasuk data orang tua secara lengkap, dalam pengisian raport tersebut kami sangat terkendala dengan keterbatasan komputer/ laptop sebagai alat pendukung dalam pengisian raport tersebut sehingga harus bergantian dengan guru yang lainnya”Tegas Ruslan.

Ditemui diruang kerja, Kepala MIN 2 Rejnag Lebong, Yuhmir, M.Pd Menjelaskan “Sebenarnya ARDM mulai diterapkan dari semester ganjil 2018/2019 kemarin, karena keterbatasan alat pendukung dan waktu yang begitu singkat  mendekati dengan pembagian raport semester  ganjil 2018/2019,  maka kami memutuskan pengaplikasiannya di semester genap ini,".

Dalam pengisian ARDM ini  guru diwajibkan menguasai teknologi untuk menunjang dalam pengaplikasian raport tersebut mengingat sekarang ini semua sudah berbasis aplikasi,  Salah satunya adalah raport ini, Untuk itu kami berharap kepada seluruh dewan guru harus terampil dalam pengoperasian laptop dan internet supaya dapat menguasai penggunaan Aplikasi Raport Digital Madrasah ini," pesan Yuhmir. (Aan Rahmawan)

 

Bagikan :