Optimalkan IT, KUA Pondok Kelapa Benteng Cetak Buku Nikah

Optimalkan IT, KUA Pondok Kelapa Benteng Cetak Buku Nikah

Bengkulu (Inmas) - Meninggalkan pola lama dan beralih kepada pola baru telah dilaksanakan di KUA Pondok Kelapa. Ini terbukti dengan telah diterapkannya aplikasi Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) web sejak akhir tahun 2018.

Hal ini ditegaskan kepala KUA Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Benteng pada Rabu (10/04) saat memantau operator SIMKAH web mencetak model NB, N, dan buku nikah menggunakan printer PLQ bantuan dari Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Tengah tahun 2019.

Mintarno memastikan semenjak awal tahun 2019 maka buku nikah yang diterbitkan oleh KUA Kecamatan Pondok Kelapa tidak lagi ditulis secara manual seperti pola lama, akan tetapi dicetak menggunakan printer PLQ.

Ia juga menegaskan kiranya penghulu dan operator KUA lebih teliti lagi menyinkronkan data yang ada pada dokumen kependudukan seperti Akta Kelahiran, Kartu Keluarga, Kartu Tanda Penduduk, dan ijazah serta permohonan kehendak nikah model N1 dan seterusnya sebelum dilakukan pencetakan.

Jika terdapat perbedaan pada data kependudukannya maka pasangan calon suami istri harus memperbaiki dokumennya terlebih dahulu di kantor Dukcapil sebelum data divalidasi melalui NIK yang terdapat pada aplikasi SIMKAH web. (amin)

Bagikan :