Asah Kemampuan, 28 Santri di Kaur Ujian Akhir MDTA

Asah Kemampuan, 28 Santri di Kaur Ujian Akhir MDTA

Kaur (Inmas) – Dalam rangka mengasah kemampuan siswa Madrasah Diniyah Ta`miliyah Awaliah (MDTA), Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan (PAKIS) bersama Forum Komunikasi Diniyah Takmiliah (FKDT) melaksanakan ujian akhir MDTA.

Ujian Akhir MDTA Tahun Pelajaran 2018/2019 dilaksanakan selama empat hari, Senin - Kamis (8 – 11 April 2019). Untuk di Kabupaten Kaur, ujian MDTA diikuti sebanyak 28 santriwan/santriwati.

Kepala Kemenag Kaur Drs. H. Zainal Abidin, MH melalui Kasi Pakis Mugiyem, MPd mengatakan, pelaksanaan ujian MDTA tersebut tersebar pada tiga lembaga pendidikan diniyah. Yakni di MDTA At- Taqwa Muara Sahung, MDTA Al-Iman Kaur Tengah dan MDTA Iqra Kaur Selatan.

Kasi Pakis Mugiyem menjelaskan, ujian MDTA diperlukan sebagai syarat utama untuk mendapatkan Ijazah dan syarat wajib untuk mengikuti wisuda santri. Ia mengungkapkan, untuk tekhnis pelaksanaannya sama seperti ujian nasional (UN) di sekolah umum, karena menggunakan lembar jawaban komputer (LJK) yang didatangkan langsung dari Provinsi.

Mugiyem menambahkan, pada ujian MDTA terdapat tujuh mata pelajaran yang akan diujikan, yakni Al Qur`an, Hadist, Aqidah, Akhlaq, Fiqih, Bahasa Arab, dan Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). (Puji**)

Bagikan :