Kamtibmas Polda Bengkulu Sosialisasi di KUA Gading Cempaka

Kamtibmas Polda Bengkulu Sosialisasi di KUA Gading Cempaka

Kota Bengkulu (Inmas), Kamtibmas Polda Bengkulu adakan sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Kasus Kekerasan Pada Perempuan dan Anak di KUA Gading Cempaka Kota Bengkulu, Rabu (13/02). Sosialisasi tersebut dihadiri oleh Kepala KUA Gading Cempaka Muhammad Yasir, MHI, 5 orang Dari Kamtibmas Polda Bengkulu AKBP. Julius Hadi H (Kasubdit Bintibluh), IPTU Yulita Handayani (Paur Polmas), IPTU Suratno (Paur Bintibluh), IPDA Sucipto (Pamin Polmas), PENGDA Abu Hasan (Paur Bintibluh), 6 orang pasangan Calon Pengantin, 8 orang Penyuluh Non PNS dan seluruh ASN KUA Gading Cempaka.

Acara tersebut dibuka langsung Muhammad Yasir kemudian dilanjutkan pemberian arahan dan pembinaan oleh AKBP Julius Hadi H. Julius Hadi mengatakan sosialisasi ini dilaksanakan dalam rangka menjalin sinergitas kemitraan dan terwujudnya toleransi dalam kehidupan bermasyarakat umumnya, dan keharmonisan dalam berumah tangga bagi Calon Pengantin khususnya.

IPTU Yulita Handayani (Paur Polmas) dalam materinya menyampaikan Kekerasan terhadap perempuan di Indonesia telah diakui sebagai permasalahan yang serius. Kekerasan terhadap perempuan ini dapat ditemukan di mana-mana, baik di lingkungan keluarga, tempat kerja, masyarakat dan negara, dalam bentuk kekerasan fisik, psikis, seksual dan ekonomi.

“Pelaku kekerasan terhadap perempuan dapat terjadi secara beragam, mulai dari perorangan, kelompok-kelompok yang ada di masyarakat, maupun institusi-institusi negara dengan sasaran perempuan, baik anak, dewasa maupun usia lanjut, termasuk kaum perempuan penyandang cacat. Hal ini dapat disebabkan karena rendahnya pengetahuan dan pemahaman perempuan terhadap UU No. 23 tahun 2004,” jelas  Yulita.

Salah satu Penyuluh non PNS yang hadir saat itu mengatakan sangat mengapresiasi saran dan himbauan yang disampaikan pada acara sosialisasi tersebut. Diharapkan melalui sosialisasi ini dapat memberikan pemahaman kepada perempuan dan pada para Catin yang hadir, semoga sosialisasi ini dapat menambah pengetahuan bagi permpuan dan para calon calon suami yang hadir.

Mengakhiri acara, Kepala KUA Gading Cempaka menyampaikan terima kasih kepada Kamtibmas POLDA Bengkulu yang telah melaksanakan sosialisasi tersebut, usai acara dilanjutkan dengan foto bersama dengan seluruh peserta dan ASN lingkup KUA Gading Cempaka. (Popi/Hj.Nurlela)

Bagikan :