Umat Buddha Bengkulu Rayakan Imlek Dan Cap Go Me

Umat Buddha Bengkulu Rayakan Imlek Dan Cap Go Me

Bengkulu (Inmas), Ribuan umat Buddha Bengkulu rayakan Imlek dan Cap Go Me bersama  di Vihara Buddhayana Kota Bengkulu pada hari Minggu (17/02). Hadir pada kesempatan ini Kepala Kanwil Kemenag Prov. Bengkulu yang diwakili oleh Pembimas Buddha Warlan, SE.,M.Pd. Dalam sambutannya Warlan mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek/Cap Go Me 2570/2019.

Warlan juga menyampaikan permohonan maaf seyogyanya Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Bengkulu yang akan menghadiri perayaan ini karena ada tugas lain yang tidak dapat ditinggalkan maka Pembimas yang ditugaskan hadir pada perayaan imlek tahun ini.

“Semoga Imlek/Cap Go Me yang merupakan tahun babi tanah ini saudara-saudara senantiasa diberi kebahagiaan, kesejahteran dan keberuntungan,” ujar Warlan.

Warlan menambahkan Perayaan tahun baru Imlek ini telah menjadi pesta rakyat di seluruh pelosok tanah air. Dibanyak tempat  telah di pertunjukan barongsai, lampion, dan beragam aksesori budaya etnis tionghoa.

“Ini menunjukkan bahwa bangsa kita benar-benar menjujung tinggi nilai-nilai kebersamaan, meneguhkan semangat Bhineka Tunggal Ika tanpa ada diskriminasi yang sekaligus juga menjadi bagian terpadu keragaman etnis budaya bangsa kita yang majemuk,” ujarnya.

“Melalui perayaan Imlek bangsa Indonesia telah menunjukan kesadaran bersama untuk saling menghormati dan menerima perbedaan, persaudaran kita sebagai sebuah bangsa harus makin kuat dan makin kokoh. Persaudaraan kita sebagai sebuah bangsa tidak boleh terganggu oleh perbedaan etnis, dan perbedaan agama yang kita yakini,” urai Warlan.

Sementara itu Ketua MBI Provinsi Bengkulu Herwani  menyampaikan bahwa perayaan imlek tahun ini selain mengadakan Puja Bakti bersama juga telah diadakan bakti sosial kemasyarakatan pada warga yang kurang mampu.

Herwani juga menyampaikan bahwa acara Imlek dan Cap Go Me bersama tahun ini sangat meriah karena adanya pertunjukan barongsai yang dibawakan oleh TIM dari Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia dan sendra tari yang dibawakan oleh Putra dan Putri TK/SD Patria Dharma.

Sementara itu di Kabupaten Rejang Lebong juga telah dirayakan Imlek dan Cap Go Me bersama dengan Persaudaraan Pemuda Buddhis Curup, yang dihadiri Ketua MBI, Kab Rejang Lebong, Ketua MBI Kab Kepahiang, Penyelenggara Bimas Buddha Kab. Kepahiang dan hadir juga Pembimas Buddha Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bengkulu. (Uun/Yul)

Bagikan :