Sisi Lain Kasi Penmad Mukomuko; DARI HOBI UNTUK INSTITUSI

Sisi Lain Kasi Penmad Mukomuko;  DARI HOBI UNTUK INSTITUSI

Mukomuko (Inmas), Siapapun orangnya pasti memiliki beberapa sisi dalam kehidupannya, yang seringkali bahkan bertolak belakang atau setidaknya tidak seirama dengan sisi lainnya. Darmanto, adalah salah seorang Kepala Seksi di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mukomuko, tepatnya Kasi Pendidikan Madrasah. Secara umum pada prinsipnya tidak ada yang berbeda dengan Kepala Seksi lainnya, yang terbilang agak unik mungkin terletak pada sisi hobi yang dijalaninya, tentu banyak yang tidak menyangka jika ditengah kepadatan agenda dan tugas kesehariannya ia memiliki hobi  yang tidak lazim yakni  touring dan riding, yang telah dijalaninya semenjak 2010 yang lalu, sebagian rekan sejawatnya menyebutnya  ia seorang biker.

"Terlalu berlebihan bila disebut biker, ini hanya sekedar hobi kecil sebagaimana hobi yang lain, tujuannya sebagai media refresh dari kesibukan keseharian dengan tetap mengutamakan dan tidak mengorbankan tugas kedinasan", ujar Darmanto.

Bersama dengan teman-teman dan forum yang menaunginya, Mukomuko Explorer Bikers (MEBs) ia telah menggelar serangkaian kegiatan ekspedisi bertajuk Ride for Care dengan tagline Natural Social Religy and Humanity dan fakta yang cukup mengejutkan adalah bahwa ternyata kegiatan yang menyertai hobinya tersebut tetap "mencirikan" sebagian tugas Kementerian Agama, diantaranya yakni Ekspedisi Diniyah, sebuah kegiatan ekspedisi keagamaan untuk membantu lembaga pendidikan Islam yang mengalami keterbatasan sarana pembelajaran dengan sasaran MDA, TPA, Pondok Pesantren dan Masjid/Mushalla, kemudian Charity Expedition, sebuah ekspedisi amal dengan sasaran untuk membantu warga masyarakat yang mengalami kesulitan dan keterbatasan ekonomi dan yang terbaru adalah Madrasahride, sebuah kegiatan riding pemetaan terhadap segenap potensi sekaligus kekurangan madrasah di Kabupaten Mukomuko.

"Apa yang kami bersama MEBs lakukan hanya ikhtiar kecil untuk berbagi manfaat dan maslahat sebisa yang kami lakukan kepada lembaga pendidikan keagamaan Islam dan sesama yang kurang beruntung", ungkap Darmanto.

Sampai saat ini, ia masih dengan hobinya dan  tak jarang ia lakukan ketika melaksanakan tugas kedinasannya baik ke kantor, kunjungan monitoring ke madrasah bahkan ketika melaksanakan tugas ke Kanwil Kemenag Propinsi Bengkulu. (*TS).

Bagikan :