MTs Al Hadi Lakukan Inovasi USBK Via Android Semester Ganjil

MTs Al Hadi Lakukan Inovasi USBK Via Android Semester Ganjil

Lebong (Inmas), (01/12) Madrasah Tsanawiyah Al Hadi Kecamatan Lebong Selatan menggelar Ujian Semester I (Ganjil) Tahun Ajaran 2018/2019 terhitung sejak hari Sabtu, 01 hingga 8 Desember 2018 nanti dengan menggunakan sistem Ujian Semester Berbasis Komputer/Android (USBK).

Inovasi ini berawal dari diskusi Kepala MTs Al Hadi-Candra Hartawan dengan seluruh guru dan guru/operator komputer yang paham dengan aplikasi berbasis Komputer-Tance Putra untuk mencoba laksanakan USBK namun via Android untuk siswa kelas IX yang berjumlah 37 siswa.

“Namun dengan keterbatasan sarana dan prasarana di Madrasah Swasta kami ini, inovasi yang kami lakukan sangatlah sederhana yakni menggunakan Seluler Android, yang terkoneksi dengan jaringan internet dan instalasi aplikasi USBK, yang dari 37 siswa di bagi menjadi 3 sesi dalam pelaksanaan ujiannya,” tutur Candra.

Lebih lanjut Candra menjelaskan untuk mengantisipasi keterbatasan sinyal dan jaringan, diupayakan 3 Buah Android yang standby untuk berbagi hotspot jaringan internet, dan dari hasil jawaban siswa selama mengerjakan ujian akan langsung terintegrasi ke dalam email ujian madrasah dan langsung tampil pada server komputer, sehingga sangat memudahkan dalam mengoreksi jawaban siswa (1/12).

 “Untuk soal ujian dibuat oleh pihak Madrasah sendiri dan untuk masing-masing mata pelajaran berjumlah 25 butir soal, yang selanjutnya ditransfer ke dalam aplikasi jaringan, semoga bentuk inovasi sederhana ini dapat kami tingkatkan lagi ke depannya, mengingat saat ini fasilitas yang kami miliki masih sangatlah sederhana,“ harap Candra. (Malvinas RNBS)

Bagikan :