Kemenag Bengkulu Gelar Orientasi Tata Persuratan dan Pencatatan N/R

Kemenag Bengkulu Gelar Orientasi Tata Persuratan dan Pencatatan N/R
Kabid Urais dan Binsyar, Drs.H.Ramedlon,M.Pd menyampaikan Materi

Bengkulu (Inmas)- Kanwil Kemenag Bengkulu melalui Bidang Urais dan Binsyar, Rabu (28/11) mengelar Orientasi Tata Persuratan dan Pencatatan Nikah Rujuk (N/R) sebagai upaya meningkatan kualitas SDM khususnya SDM Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan, Rabu (28/11).

    Kegiatan Orientasi yang digelar di Hotel Nala Sea Side selama 3 hari tersebut mayoritas diikuti oleh ASN pada KUA Kecamatan khususnya yang menangani tata persuratan dan pencatatan layanan N/R yang saat ini telah memanfaatkan layanan berbasis IT berupa Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) berbasis Web.

    Kepala Bidang Urais dan Binsyar Kanwil Kemenag Bengkulu, Drs.H.Ramedlon,M.Pd menyebutkan kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya peningkatan kualitas administrasi, apalagi saat ini layanan administrasi nikah sudah diarahkan pada file digital berbasis online yang dapat diakses masyarakat dari manapun.

    Simkah Web merupakan aplikasi yang terintegrasi dengan data pada kementerian terkait secara nasional. Misalnya, Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) dari Kemdagri, Sistem Informasi PNBP Online (SIMPONI) dari Kemenkeu, dan Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) dari Mahkamah Agung.

    "Semua data akan terintegrasi sehingga kami terus berupaya melakukan perbaikan dari sisi administrasi, setelah itu SDM KUA juga kami latih untuk mahir dalam pemanfaatan teknologi informasi," katanya.

    Kemudian, dengan diadakan orientasi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan Kantor Urusan Agama (KUA) dan tercapainya pelayanan pencatatan nikah yang prima, cepat, akurat, mudah serta profesional.

    Apalagi saat ini menurut Ramedlon Kementerian Agama pusat juga sedang mempersiapkan program kartu nikah dan hal itu tentu harus didukung oleh data yang akurat dan realtime sehingga masyarakat semakin mudah saat bepergian tanpa harus membawa buku nikah, karena di dalam kartu terdapat semua data yang sama dengan yang ada di buku nikah. (jj)

   

Bagikan :