Guru MIN 1 RL Kembangkan Kreatifitas Seni Kaligrafi Siswa

Guru MIN 1 RL Kembangkan Kreatifitas Seni Kaligrafi Siswa

Rejang Lebong (Inmas)- Guru Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Rejang Lebong (RL) mengembangkan daya kreatifitas siswa melalui seni kaligrafi.

    Ada banyak cara yang dapat dilakukan oleh guru dalam mengembangkan daya kreatifitas siswanya salah satunya yaitu melalui seni menulis indah atau biasa disebut seni kaligrafi. Seperti halnya yang dilakukan Guru Bahasa Arab MIN 1 RL, Randi Sefto Fanedi, S.Pd yang mengajarkan seni menulis kaligrafi kepada siswa kelas 5B, Kamis (15/11).

    Mengenai hal ini, Randi Sefto Fanedi mengatakan, “Kaligrafi adalah salah satu seni menulis indah yang mana objeknya yaitu ayat-ayat yang ada di Al-qur’an, dengan belajar menulis kaligrafi dapat mengembangkan dan mengasah daya kreatifitas siswa karena dapat melatihkan fungsi otak kanan yang berhubungan dengan kemampuan intuitif”.

    Lebih lanjut Randi menambahkan, “Dengan sejak dini mengenalkan dan mengajarkan seni kaligrafi kepada siswa akan melatih siswa untuk berkreatifitas sekaligus sebagai media dakwah Islami karena objek dari tulisan tersebut adalah ayat-ayat yang berasal dari kitab suci al-Qur’an”.

    Gustin Siswa kelas 5B yang mengikuti pembelajaran kaligrafi tersebut mengatakan, “Kami sangat senang dapat belajar menulis kaligrafi bersama bapak Randi, kami sekarang mengetahui bagaimana teknik dalam menulis kaligrafi meskipun baru pemula tapi kami akan terus belajar sehingga dapat menghasilkan karya kaligrafi yang terbaik”.

    Dengan diadakannya pembelajaran kaligrafi disela pelajaran bahasa Arab diharapkan dapat menjadi salah satu sarana mengembangkan kreatifitas siswa. Lebih lanjut Guru Bahasa Arab MIN 1 RL mengharapkan kaligrafi dapat menjadi salah satu ekstra kulikuler  di MIN 1 RL sehingga pembelajaran seni kaligrafi dapat diajarkan secara menyeluruh kepada siswa. (Randi)


Bagikan :