Tingkatkan Pengetahuan Kesehatan Catin, KUA Nasal MOU dengan Puskesmas

Tingkatkan Pengetahuan Kesehatan Catin, KUA Nasal MOU dengan Puskesmas

Kaur (Inmas) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kaur melalui Kantor Urusan Agama Kecamatan Nasal menjalin nota kesepahaman (MOU) dengan Puskesmas Kecamatan Muara Nasal terkait pemberian informasi kesehatan reproduksi bagi calon pengantian (catin).

Penandatangan Nota Kesepahaman (MOU) dilaksanakan di Kantor Urusan Agama Nasal, antara Kepala KUA Nasal Salihin M., M. Ag, dan kepala Puskesmas Muara Nasal Debhora  D. Tarigan AMG. SKM, Senin (17/9).

Kepada Kontributor Kemenag, Kepala KUA Nasal Salihin mengatakan, tujuan dari MOU ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan bagi calon pengantin tentang pentingnya usia yang cukup untuk melaksanakan pernikahan, kesehatan reproduksi, kehamilan, persalinan dan KB.

“kerjasama ini untuk memberikan bimbingan kepada Catin, mulai dari TT catin, hingga konseling pranikah” ungkap Salihin.

Sementara itu Kepala Puskesmas Muara Nasal Debhora D.Tarigan mengatakan melalui MOU tersebut selanjutnya Puskesmas akan melakukan pemeriksaan kesehatan sekaligus memberikan konseling bagi para catin tentang reproduksi pria/wanita, perencanaan kehamilan, pemilihan KB dan bahkan sampai penyakit-penyakit yang mungkin akan terjadi pada Catin.

Kepala puskesmas Muara Nasal Debhora  D. Tarigan AMG. SKM menambahkan, Puskesmas selanjutnya akan membentuk tim dan melakukan pengaturan jadwal. Direncanakan pemberian konsultasi/penyuluhan kesehatan dilaksakan setiap hari Senin.

Turut hadir dalam penanda tanganan MOU tersebut perwakilan dari Kantor Kecamat Nasal, Ketua MUI Nasal, Perwakilan kepala desa dari desa Air Batang, Calon Pengantin, dan Staf KUA  Nasal. (Puji**)  

Bagikan :