Kepala MTsN 1 Mukomuko Sampaikan Tujuan Pelaksanaan Matsama

Kepala MTsN 1 Mukomuko Sampaikan Tujuan Pelaksanaan Matsama

Mukomuko (Inmas), Kepala MTsN 1 Mukomuko sampaikan tujuan dari pelaksanaan Matsama kepada seluruh siswa baru yang mengikuti kegiatan Matsama saat memberikan kata sambutan dalam rangka pembukaan Matsama MTsN 1 Mukomuko Tahun Pelajaran 2018/2019.

Dalam sambutan pembukaannya Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Mukomuko menyampaikan kepada siswa baru untuk dapat mengikuti Masa Taaruf Siswa Madrasah (MATSAMA) dengan baik dan penuh semangat.

Sudirman menyampaikan apa dan mengapa Matsama ini harus diadakan, bahkan di setiap sekolah meski sebutannya berbeda - beda pasti akan melaksanakan masa orientasi untuk siswa baru.

Ada yang menyebutnya Masa Orientasi Siswa (MOS), ada yang bilang Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) sementara khusus untuk madrasah di sebut Masa Ta`aruf Siswa Madrasah (Matsama).

Selain itu beliau memaparkan beberapa tujuan dari pelaksanaan kegiatan Matsama ini di antaranya membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah, mengenalkan fasilitas dan sarana yang ada di sekolah.

Selain itu Matsama juga bertujuan untuk mengembangkan interaksi positif antar siswa dengan warga sekolah lainnya dengan kegiatan wajib seperti pmebiasanan salam sapa dan senyum, menumbuhkan perilaku positif seperti kejujuran kemandirian sikap menghargai dan menghormati keanekaragaman karena kita berasal dari sekolah atau madrasah yang berbeda beda tetunya banyak hal baru yang kita temui dan harus kita pahami.

Hal yang tidak kalah lebih penting dari kegiatan matsama adalah mengenali dan mencari tahu potensi siswa untuk di bina dan arahkan agar menjadi lebih baik, karenanya disetiap kegiatan pengenalan madrasah ada agenda  kegiatan menvari minat dan bakat siswa.

Di akhir sambutan pembukaannya Sudirman berpesan agar seluruh siswa didik baru mengikuti kegiatan Matsama ini dengan baik agar tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini dapat tercapai.

“Besar harapan saya agar peserta didik yang baru masuk ini mengikuti dengan seksama materi demi materi yang disampaikan oleh pemateri sesuai dengan jadwal yang telah dibuat, pahami dan tanyakan jika belum jelas, ketika pencarian minat dan bakat keluarkan potensi diri yang kalian miliki agar nantinya pihak madrasah bisa mengembangkan dan mengarahkan potensi yang ada pada diri kalian masing-masing,” tutupnya. (Remol)

Bagikan :