Bustasar : Penyusunan Pagu Anggaran Harus Berbasis Money Follow Program

Bustasar : Penyusunan Pagu Anggaran Harus Berbasis Money Follow Program

Bengkulu (Inmas), Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bengkulu Bustasar MS pada saat mengisi materi pada kegiatan penyusunan pagu anggaran tahun 2019 mengatakan kepada para operator untuk dapat menyusun pagu anggaran yang berbasis money follow program.

“Jika pada tahun-tahun sebelumnya penyusunan perencanaan kita berbasis money follow function yang sekilas tampak seperti prosedur perencanaan yang demokratis tetapi seiring berjalannya waktu penyusunan perencanaan model seperti ini tidak responsif terhadap masalah-masalah yang ada,” ujar Bustasar.

Selanjutnya Bustasar menjelaskan penyusunan pagu anggaran berbasis money follow program dimaksudkan agar Kementerian/Lembaga dapat fokus kepada program-program prioritas, jadi untuk tahun 2019 Bustasar berharap kegiatan yang diusulkan fokus terhadap peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

“Kepada para operator yang mewakili lima puluh tujuh satker yang ada di Provinsi Bengkulu agar dapat membuat prioritas kegiatannya, jangan mengusulkan terlalu banyak kegiatan tetapi tidak jelas tujuannya apa,” terang Bustasar.

Bustasar juga berharap untuk penyusunan pagu anggaran khususnya untuk kegiatan pada Kanwil dan Kantor Kemenag Kabupaten/Kota agar tidak melenceng dari hasil RAPIM Kemenag RI yang dilaksanakan pada bulan Januari lalu di Lembang Jawa Barat.

“Untuk para operator penyusun anggaran pada Kanwil dan Kantor Kemenag Kab./Kota usulkan anggaran untuk pelaksanaan program prioritas Kemenag diantaranya seperti program Ngobrol Pendidikan (Ngopi), program Menyapa Penyuluh Agama, Halal Indonesia dan Silaturahmi Lembaga Keagamaan (SALAM),” pesan Bustasar.

Untuk diketahui kegiatan penyusunan pagu anggaran tahun 2019 ini dilaksanakan selama empat hari (12-15/05) di Hotel Nala Seaside Kota Bengkulu dan diikuti oleh para operator yang berjumlah 100 berasal dari seluruh satker yang ada di lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu.

Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu M. Soleh saat ditemui seusai acara mengatakan hasil kegiatan ini akan menjadi dasar pada penyusunan pagu definitif nanti sehingga para operator satker diharapkan dapat mengusulkan anggaran yang dapat digunakan untuk program yang lebih dekat dalam melayani masyarakat. (haf)

Bagikan :