Dr. H. Mohsen, MM Buka Kegiatan Peningkatan Kompetensi dan Budaya Kerja Penghulu

Dr. H. Mohsen, MM Buka Kegiatan Peningkatan Kompetensi dan Budaya Kerja Penghulu

Bengkulu (Inmas) - Didampingi Kepala Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Drs. H. Ramedlon, M.Pd dan Kasubdit Bina Kepenghuluan Drs. H. Zainal Muttaqin, MA, Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Direktorat Jenderal Bimas Islam Kementerian Agama RI Dr. H. Mohsen, MM membuka kegiatan Peningkatan Kompetensi dan Budaya Kerja Penghulu di Hotel Splash Bengkulu, Rabu (14/3).

Kegiatan yang diikuti oleh 50 orang peserta yang terdiri dari Kepala KUA dan Penghulu utusan dari masing-masing Kabupaten/Kota se-Provinsi Bengkulu ini diselenggarakan selama 3 hari, dimulai tanggal 14-16 Maret 2018.

Dalam sambutannya Mohsen mengungkapkan harapannya kepada para penghulu untuk dapat meningkatkan kualitas SDM dalam melaksanakan tugas kepenghuluan berdasarkan aturan-aturan yang berlaku dan tidak menyimpang dari rambu-rambu regulasi yang telah ditetapkan.

"Penghulu adalah Aparatur Sipil Negara sebagai pegawai pencatat nikah yang memiliki tugas melakukan pelayanan dan konsultasi nikah/rujuk, maka dari itu penghulu harus memiliki kemampuan memahami berbagai aturan dan administrasi dalam menjalankan tugas dan fungsinya" ujar Mohsen.

"Penghulu juga harus memiliki wawasan keagamaan yang mumpuni" ungkap Mohsen yang penempatan tugas pertamanya di Kementerian Agama sebagai Staf KUA di Provinsi Sulawesi Tengah ini.

"Memiliki kepribadian yang baik, dan memahami teks/kitab-kitab sebagai rujukan dalam pengambilan dalil dan argumen" lanjutnya.

"Mengubah budaya kerja tidak semudah membalikkan telapak tangan, butuh perjuangan dan ujian-ujian dengan berbagai persoalan" pungkasnya. (js)

 

Bagikan :