Momen Peringatan Cap Go Meh Pembimas Buddha Kanwil Kemenag Bengkulu Ajak Umat Buddha Tingkatkan Keharmonisan

Momen Peringatan Cap Go Meh Pembimas Buddha Kanwil Kemenag Bengkulu Ajak Umat Buddha Tingkatkan Keharmonisan

Bengkulu (Inmas) --- Pembimbing Masyarakat (Pembimas) Buddha Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Bengkulu Warlan, SE, M.Pd mengajak umat beragama Buddha yang ada di Provinsi Bengkulu untuk terus meningkatkan keharmonisan umat, hal tersebut disampaikannya pada saat momen perayaan Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh yang juga bersamaan dengan peringatan Hari Raya Magha Puja yang dilaksanakan di Vihara Buddhayana Bengkulu, Jumat (02/03) lalu.

“Saya mengajak seluruh umat Buddha yang ada di Bengkulu untuk terus meningkatkan keharmonisan terutama keharmonisan internal umat Buddha, keharmonisan antar umat beragama, dan umat beragama dengan pemerintah” ajak Warlan.

Perayaan tahun baru Imlek 2569 dan perayaan Cap Go Meh tahun 2018 terasa lebih istimewa karena bertepatan juga dengan perayaan Hari Raya Magha Puja 2561. Rangkaian peringatan tersebut dipusatkan di Vihara Buddhayana Kampung Cina Kota Bengkulu. Kegiatan diisi dengan upacara puja bakti bersama umat Buddha  dan diisi khotbah dhamma yang disampaikan oleh Pembimas Buddha, dan dalam kegiatan perayaan Cap Go Meh dimeriahkan pertunjukan seni tari dari siswa/siswi  TK/SD Patria Dharma dan pertunjukan Barongsai yang disaksikan ribuan umat Buddha dan masyarakat Kota Bengkulu.

Ketua Majelis Buddhayana Indonesia (MBI) Provinsi Bengkulu  Ibu Herwani  dalam sambutannya menyampaikan empat peristiwa penting mengenai perayaan ini, pertama mengenai hadirnya  1250 orang Bhikkhu, kedua semua mereka telah mencapai tingkat kesucian Arahat, ketiga mereka adalah para Bhikkhu yang ditahbiskan sendiri oleh Sang Buddha dengan cara Ehi Bhikkhu Upasampada, keempat mereka hadir tanpa diundang atau tanpa kesepakatan, dan keseluruhan peristiwa tersebut terjadi dihari yang sama dibulan purnama sidi.

Sementara itu Ketua Yayasan Sakyamuni Bapak  Edi Susanto disela-sela kegiatan menyampaikan bahwa seluruh rangkaian perayaan Magha Puja dan Cap Go Meh berjalan lancar, dan berjalan meriah. Terbukti dengan hadirnya ribuan masyarakat Bengkulu yang juga ikut menyaksikan seluruh rangkaian kegiatan ini. (Aji)

Bagikan :
Lihat Lainya dalam Kategori : Bimbingan Masyarakat Budha
Alamat Kantor
  • Kementerian Agama
  • Kantor Wilayah Bengkulu
  • Jl. Jenderal Basuki Rahmat No. 10 Bengkulu 38221
  • Telp. (0736) 21097 21597 344602 28123
  • Fax. (0736) 21597
  • http://bengkulu.kemenag.go.id
  • Email: kanwilbengkulu@kemenag.go.id
Facebook Pages
Twitter