Dokter Cilik MIN 1 RL Adakan Sosialisasi Germas

Dokter Cilik MIN 1 RL Adakan Sosialisasi Germas

Rejang Lebong (Inmas) ---- Dalam rangka ikut menyukseskan program pemerintah yang menginginkan masyarakat Indonesia yang sehat dan kuat jasmani dan rohani, dokter cilik Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Rejang Lebong mengadakan sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Dokter cilik MIN 1 RL mengadakan sosialisasi Germas dengan dampingan Tim dari Pukesmas Tunas Harapan Curup Utara beserta  Tim Pembina (TP) Unit Kesehatan Sekolah (UKS) MIN 1 RL yang diikuti siswa/I MIN 1 RL, Selasa (20/02).

Pada kesempatan tersebut, Melia Suzana, S.KM perwakilan dari Pukesmas Tunas mengatakan, “Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup”.

Pada kesempatan tersebut, Annisa dokter cilik menjelaskan kepada siswa/i MIN 1 RL tentang apa saja langkah yang bisa dilakukan dalam rangka membiasakan pola hidup sehat.

“Ada 7 langkah yang bisa dilakukan dalam rangka membiasakan pola hidup sehat yaitu, melakukan aktivitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan, dan menggunakan jamban”. Papar Annisa dokter cilik yang sekarang kelas 4.

Melalui kegiatan ini, Sastri Purnama Hidayati, S,Pd selaku ketua TP UKS MIN 1 RL berharap “Tim dokter cilik MIN 1 RL dapat menjadi pionir dalam upaya sosialisasi tentang Germas pada tingkat dasar, mereka sebelumnya telah diberikan pelatihan dan pembelajaran tentang Germas diharapkan dapat menjadi contoh kepada teman-temannya melaksanakan kebiasaan pola hidup sehat demi terwujudnya masyarakat Indonesia yang sehat dan kuat jasmani dan rohani”. (Randi)

Bagikan :