KUA Bermani Ulu RL : Catin Harus Faham Pentingnya Imunisasi BCG Untuk Kesehatan Bayi

KUA Bermani Ulu RL : Catin Harus Faham Pentingnya Imunisasi BCG Untuk Kesehatan Bayi

Rejang Lebong (Inmas) --- Kegiatan bimbingan pra Catin terus rutin dilaksanakan oleh Kantor Urusan Agama Kecamatan Bermani Ulu Rejang Lebong bagi Pasutri yang akan melaksanakan pernikahan.

Dalam hal ini KUA Bermani Ulu Samijan, S.Ag, MHI memberikan pemahaman kepada Calon Pengantin tentang pentingnya Imunisasi BCG untuk bayi dengan mengundang dan bekerjasama bersama pihak Puskesmas Kampung Melayu untuk memberikan bimbingan kepada Catin agar paham arti Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), Rabu (21/02).

Dalam kesempatan ini penyuluh kesehatan Eka Sri Puspa Amd.Keb mengatakan bahwa Imunisasi BCG adalah vaksinasi hidup yang diberikan pada bayi untuk mencegah terjadinya penyakit TBC. Vaksin ini dikembangkan dari bakteri M.tuberculosis yang hidup, karena bisa berkembang biak dalam tubuh dan diharapkan bisa mengindus antibodi seumur hidup, Imunisasi BCG sangat efektif mencegah penyakit tuberkulosis, termasuk bentuk yang paling berbahaya yaitu tuberkulosis meningitis pada anak, jelasnya.

Lanjut Eka, Tak hanya berisiko menginfeksi paru-paru, tuberkulosis juga dapat menjangkiti bagian tubuh lain seperti sendi, tulang, selaput otak (meninges), dan ginjal. Tuberkulosis sangat berbahaya karena mudah menyebar melalui cipratan cairan bersin atau batuk dan air liur yang tanpa sengaja terhirup oleh orang lain. Demikian penjelasan dan paparan Eka kepada Catin di ruang Aula KUA Kecamatan Bermani Ulu,

Kepala KUA Kecamatan Bermani Ulu Samijan, S.Ag, MHI menambahkan bahwa jika kita ingin bahagia lahir dan bathin, kita harus memperhatikan kesehatan keluarga, karena kesehatan adalah merupakan nikmat yang paling mahal, ujarnya

Lanjut Samijan, kalau kita sehat maka ibadah akan menjadi nikmat, pikiran akan menjadi tenang dan delapan fungsi Keluarga dapat kita jalankan dengan sebaik mungkin, sehingga kebahagian keluarga SAMAWA akan tercapai, pungkasnya (sm)

Bagikan :