Ka. KUA Rejang Lebong: Pentingnya TT Bagi Catin

Ka. KUA Rejang Lebong: Pentingnya TT Bagi Catin

Rejang Lebong (Inmas) -- Kesehatan fisik dan psikis menjelang pernikahan sangatla penting. Ka. KUA Kec. Selupu Rejang Drs. Ramadan bersama petugas Puskesmas mengingatkan kepada calon pasangan pengantin (Catin) khususnya perempuan untuk suntik Tetanus Toksold (TT). Hal tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya infeksi tetanus, beberapa waktu yang lalu di AULA Kantor Urusan Agama (KUA) pada pukul 09.00 WIB.

Penyampaian penyuluhan kepada Catin dilakukan oleh Dinas Kesehatan dari Puskesmas Desa Sambirejo yaitu ibu Waryani. Seluruh catin yang telah terjadwal mengikuti penyuluhan akan mendapatkan pemahaman tentang arti penting suntik TT tersebut.

Petugas kesehatan dari Puskesmas menerangkan bahwa Tetanus Toksold atau TT merupakan tindakan vaksin memasukan racun tetanus yang telah dinonaktifkan kedalam tubuh pasien memalui suntikan. Suntik TT ini dilakukan minimal 1 bulan menjelang pernikahan.

Dilihat dari kaca mata agama bahwa menurut Drs. Ramadan antisipasi kesehatan pra nikah sangat penting. Islam juga mengajarkan umatnya untuk selalu hidup sehat dan menjaga kesehatan. Pernikahan itu sendiri membutuhkan persiapan fisik maupun psikis.

Maka dari itu suntik TT sangat penting bagi Catin. Tujuan dari suntik TT itu sendiri adalah membentuk anti bodi pada catin perempuan sehingga fisiknya menjelang pernikahan benar-benar sehat.

Suntik Tetanus Toksold atau TT adalah bentuk penyuntikan anti bodi pada seseorang untuk mencegah infeksi tetanus. Suntik ini hanya direkomendasikan bagi kaum wanita. Sehingga pada wanita akan terbentuk anti bodi yang dapat menghadapi bakteri penyebab tetanus.

Harapan saya sebagai Ka. KUA dan Dinas Kesehatan para catin mengikuti atas apa yang telah disampaikan. Selama kegiatan berlangsung catin tetap mendengarkan dengan khusuk dan serius. (Nita)

Bagikan :