Utusan Bengkulu Juara I MBK Bagi Penghulu Tingkat Nasional

Utusan Bengkulu Juara I MBK Bagi Penghulu Tingkat Nasional

Bengkulu (Inmas)- Kegiatan Musabaqah Baca Kitab (MBK) dan Lomba Karya Tulis Ilmiah (MBK LKTI) Bagi Penghulu Tingkat Nasional Tahun 2017, telah berlangsung pada Tanggal 29 Oktober s/d 01 Nopember 2017 di Jakarta.

    Pada Event ini Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu melalui Bidang Urais dan Binsyar mengirim 2 orang utusan atas Nama H. Memori Susandi,LC (Penghulu dari Kab. Mukomuko) untuk Musabaqah Baca Kitab dan Shalihin, S.Sos.I (Penghulu dari Kab. Kaur) untuk Lomba Karya Tulis Ilmiah, dengan didampingi oleh Drs. H.Ramedlon, M.Pd selaku Kepala Bidang Urais dan Binsyar dan H. Nahwan Effendi, S.Ag., MM selaku Kasi Kepenghuluan Bidang Urais dan Binsyar.

    Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama RI Muhammadiyah Amin mengingatkan penghulu untuk senantiasa menjaga integritas dalam melayani masyarakat. Hal ini seiring dengan terus diperbaikinya kesejahteraan para petugas pencatat perkawinan ini. Hal itu disampaikan Dirjen pada saat membuka kegiatan Musabaqah Baca Kitab dan Lomba Karya Tulis Ilmiah (MBK LKTI) Bagi Penghulu Tingkat Nasional Tahun 2017, Ahad (29/10) di Jakarta.

    Melalui tahapan penyisihan yang diikuti 34 utusan Kanwil Kementerian Agama se-Indonesia. Utusan Bengkulu berhasil masuk 10 besar dan berlanjut pada 3 besar (babak final).  Pada babak final ini (3 besar) dan setelah melalui seleksi ketat Dewan Juri yang terdiri dari Dr.KH. Malik Madani, Dr.KH.Lutfi Fathullah dan KH.Arwani Faishal akhirnya memutuskan Memori Susandi,LC berhasil menjadi yang terbaik dan menjadi Juara 1 tingkat nasional.

    Penganugerahan pemenang, penyerahan piagam dan pialanya diserahkan langsung oleh Menteri Agama RI, Bapak. H. Lukman Hakim Syaifuddin pada Hari Rabu tanggal 01 Nopember 2017.

    Penghulu adalah mereka yang dinilai dan dipersepsi masyarakat sebagai sosok yang memiliki ilmu keagamaan. Hampir semua masalah keagamaan di masyarakat, dicari rujukannya pada penghulu.

    Penghulu tidak hanya bekerja untuk melayani pernikahan, namun juga memberi penyuluhan, penyiaran, menjawab masalah agama, dan sebagainya. Demikian disampaikan Menteri Agama saat menutup kegiatan Musabaqah Baca Kitab (MBK) dan Lomba Karya Tulis Ilmiah bagi Penghulu Tingkat Nasional Tahun 2017, di Auditorium HM Rasjidi Jl. MH. Thamrin, Jakarta, (1/11).

    Pada acara Penganugerahan pemenang ini turut hadir Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Bengkulu Bapak Drs. H. Bustasar, M.Pd sekaligus memberi ucapan selamat secara langsung kepada Ustadz Memori, demikian panggilan akrabnya, yang didampingi oleh Bapak Drs. H. Ramedlon, M.Pd dan Bapak H. Nahwan Effendi, S.Ag., MM.

    “Alhamdulillahirabbil ‘alamiin, terimaksih atas doa dan dukunganya” kata Ustadz Memori,  Putra Asli Ipuh Kab.Mukomuko, Alumni Universitas Al Azhar, Kairo Mesir. (Ali/Urais)


Berikut adalah daftar para pemenang yang merupakan hasil seleksi ketat dari para dewan juri.
 
Pemenang MBK:

1. Memori Susandi (Bengkulu)
2. Fahruroji (DKI Jakarta)
3. Fathurrahman (Kalimantan Selatan)
Harapan 1: Satibi (DI Yogyakarta)
Harapan 2: Suda'i  Kalimantan Timur)
Haralan 3: Choirul Anwar (Jawa Tengah)
 
Pemenang LKTI:

1. Agus Jaya (Sumatera Selatan)
2. Miftahul Khair (Kalimantan Barat)
3. M. Nursalim (Jawa Tengah)
Harapan I: Muh. Tang (Sulawesi Selatan)
Harapan II: Nasihuun Amin (Jawa Timur)
Harapan III: Adnan Yalipele (Papua)

Bagikan :