Rahmat Basuki : Pendidikan Harus Mampu Membangun Kecerdasan Anak Secara Utuh

Rahmat Basuki : Pendidikan Harus Mampu Membangun Kecerdasan Anak Secara Utuh

Mukomuko (Inmas) -- Ka. KUA Kec. Air Dikit Rahmat Basuki, SHI mengatakan Bahwa : Pendidikan harus mampu membangun kecerdasan Anak Secara Utuh (Basthotan Fi 'ilmi wal Jismi wa Dzu Qolbin Salim), Hal ini Ia Sampaikan pada saat menyampakan tausiyah tentang Pendidikan Agama dalam Acara Memeriahkan Hari Santri Nasional (HSN) 22 Oktober 2017.

Dalam memeriahkan Hari Santri Nasional (HSN) PAI kecamatan Air Dikit dengan bekerja sama dengan pemerintah desa pondok lunang melakukan kegiatan keagamaan yang diselenggarakan di Masjid Al-Muttaqin desa pondok lunang.

Selain itu acara Memeriahkan Hari Santri Nasional (HSN) kali ini di isi dengan mengadajan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Desa Pondok Lunang dengan Ikuti oleh seluruh perwakilan Santriwan dan santriwati MDA, TPA,TPQ se-Desa Pondok Lunang, Kec. Air Dikit.

Dalam Tausiyah Menurut Rahmat Basuki, selaku Ka. KUA Kec. Air Dikit, pendidikan harus mampu memahami anak secara utuh dengan segala potensi dan karakternya yang harus dikembangkan, baik imanan, ilman wa jasadan, tanpa harus mengabaikan fitrahnya sebagai anak.

“Belajar harus enjoy dan menyenangkan, Anak harus menjadi subyek atau center of learning. Profesionalitas kelembagaan, ketenagaan, kekeluargaan harus terwujud secara kondusif,” tutur Rahmat.

Pendidikan adalah investasi sumberdaya manusia yang paling menentukan bagi masa depan bangsa, Semua anak itu hebat dan istimewa, semua bisa menjadi juara sesuai dengan potensi fitrahnya masing-masing.

Belajar itu harus menyenangkan dan membahagiakan, Tidak boleh ada pemisahan ilmu agama dan ilmu umum, semua ilmu itu dari dan milik Allah Swt baik yang bersumber dari Ayatun Kauniyah dan Qauliyah.

Pendidikan harus mampu membangun kecerdasan anak secara utuh (Basthotan fil ‘ilmi wal jismi wa dzu qolbin saliim) sehingga anak mampu menyelesaikan permasalahan kehidupannya untuk meraih kebahagiaan dunia akhirat. (Zulfatman).

Bagikan :