Puskesmas Ipuh Lakukan “Penjaringan” Sisws MTsN 1 Mukomuko

Puskesmas Ipuh Lakukan “Penjaringan” Sisws MTsN 1 Mukomuko

Mukomuko (Inmas), Pusat Kesehatan Masyarakat  (PKM) kecamatan Ipuh pada hari Senin 9 Oktober 2017 adakan kegiatan penjaringan untuk siswa MTSN 1 Mukomuko. Penjaringan yang dilakukan ini terkhusus untuk siswa kelas tujuh saja.

Tim PKM ipuh yang dipimpin oleh dr. Yuli bersama lima orang rekan kerjanya masuk ke kelas Tujuh yang berjumlah lima lokal ini dengan setiap lokal didampingi oleh guru dari MTsN 1 Mukomuko.

Kepala Madrasah Bapak Sudirman, S.Ag, M.Pd menyampaikan “secara organisasi kita memang ada MOU kerjasama dengan PKM Ipuh tentunya MOU ini berkaitan dengan kesehatan siswa, selain itu pihak PKM sendiri juga mempunyai program kerja penjaringan siswa di seluruh sekolah/madrasah yang ada kecamatan Ipuh ini” ungkapnya.

Dr. Yuli sendiri membenarkan apa yang disampaikan oleh bapak kepala madrasah, karena sesuai dengan tuntutan pemerintah dan menteri kesehatan untuk slalu mengagendakan program kerja penjarinagn terhadap siswa diseluruh indonesia. Karena kita punya MOU dengan pihak madrasah jadi setiap tahunnya kita pasti datang ke Madrasah ini untuk melakukan penjaringan terhadap siswa MTsN 1 Mukomuko khususnya.

Salah satu tim dari PKM  Aztika Riandini yang berprofesi sebagai Bidan di PKM Ipuh mengatakan penjaringan ini meliputi pemeriksaan panca indera,tekanan darah, tinggi badan dan berat badan siswa. Secara umum sebanyak 167 siswa kelas tujuh yang kami periksa keadaan panca inderanya sehat.

“Alhamdulillah untuk siswa MTsN ini keadaan siswanya sehat khususnya panca indera.  Beberapa siswa yang mengalami masalah panca indera  kami anjurkan untuk melakukan pemeriksaan secara menyeluruh dan teratur di PKM Ipuh, jika memang nanti membutuhkan rujukan kami akan mengeluarkan surat rujukan”. Jelasnya.

Kedepannya diharapkan dengan kegiatan ini  mampu mendeteksi secara dini masalah kesehatan yang dialami oleh siswa agar dapat diambil tindakan secepat mungkin demi menyonggsong program pemerintah menuju Indonesia Sehat. (remol)

Bagikan :