K13 di Revisi, MAN I Mukomuko Adakan Pelatihan

K13 di Revisi, MAN I Mukomuko Adakan Pelatihan

Mukomuko (Inmas), Setelah Pemerintah dalam hal ini Kemendikbud di tahun 2016 kembali merevisi Kurikulum 2013 (K13) yang sebelumnya telah direvisi di tahun 2014. Menyikapi hal itu Kepala MAN 1 Mukomuko Nursyamsiah dan Kepala MTsN 1 Mukomuko mengadakan pelatihan K13 revisi 2016 terhadap majelis guru Sabtu (23/09).

Pelatihan ini dilakukan untuk mengikuti perkembangan dan perubahan K13 agar PBM yang dilaksanakan sesuai dengan pedoman dasar pernyusunan Renacana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

“Revisi terbaru harus diikuti jika tidak maka akan berakibat pada hasil ujian nasional,” tutur Ibu Nursyamsiah.

Narasumber yang diundang dalam pelatihan tersebut adalah Riva'i M. Pd. Beliau adalah instruktur nasional dari Bengkulu. Pelatihan dimulai dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 16.30 WIB. Dalam pelatihan tersebut Riva'i menyampaikan perubahan K13 edisi terbaru meliputi SKL, Standar Isi, Standar Proses dan Standar Penilaian.

Majelis guru yang mengetahui edisi terbaru Kurikulum 2013 sangat berbeda dengan edisi 2014, mereka menyampaikan keluhannya di dalam forum pelatihan.

Para guru mengeluh karena harus memperbaharui kembali RPP yang telah mereka buat, selain itu PBM tahun pelajaran 2017/2018 telah  berlangsung beberapa bulan dan sebentar lagi ujian mid semester akan dilaksakan.

Mendengar hal itu, Riva'i menjelaskan bahwa revisi K13 terbaru harus diikuti karena dasar guru melaksanakan PBM harus berdasarkan revisi terbaru, karena soal ujian nasional juga akan dibuat berdasarkan kurikulum 2013 edisi terbaru yaitu edisi 2016.

“RPP yang Bapak dan Ibu buat masih berpedoman pada K13 revisi 2014 maka otomatis RPP Bapak dan Ibu salah kerena revisi terbaru telah terbit. Jika RPP Bapak dan Ibu buat itu salah kenapa harus diteruskan. Oleh karena itu, pelatihan ini diadakan untuk menuntun Bapak dan Ibu menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang benar sesuai dengan K13 revisi terbaru,” tambahnya.

Setelah memberikan pelatihan, Nursyamsiah menyampaikan terimaksasih kepada narasumber telah memberikan pencerahan mengenai K13 revisi 2016. Meskipun waktunya sangat singkat namun diharapkan hasilnya membawa perubahan sebagaimana perubahan yang diharapkan K13 revisi 2016. (J88)

Bagikan :