Kasi Bimas Islam Kemenag Kaur Khutbah Idul Adha

Kasi Bimas Islam Kemenag Kaur Khutbah Idul Adha

Bengkulu (Inmas) – Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kaur Khilman Marbun, MHI menjadi Khotib Sholat Idul Adha 1438 H di Halaman SMP N4 Kaur Tengah, Jumat (1/09).

Dalam khutbahnya Khilman Marbun mengangkat tema “implementasi ibadah qurban dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara”.

Khilman Marbun mengatakan ibadah kurban jangan hanya dijadikan aktifitas rutin tahunan saja, melainkan harus mampu menjadi perekat sosial masyarakat. “Semangat kurban harus dapat diwujudkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara” ungkapnya.

Dalam khutbahnya Khilman Marbun juga mengingatkan kepada jamaah sebuah Hadis Nabi Muhammad SAW yang berbunyi “ Barang siapa yang memiliki kelapangan rezeki dan tidak mau berkurban, maka janganlah ia mendekati tempat sholat kami”.

“Untuk berkurban itu tidak harus kaya, tapi kurban memerlukan kesungguhan dan keimanan. Berapa banyak orang yang kaya dan mempunyai harta yang banyak namun mereka tidak mau berkurban” jelasnya.

Diakhir khutbahnya, Khilman Marbun berpesan kepada jamaah hendaknya ibadah kurban pada hari raya Idul Adha, mampu menjadi motifasi dan semangat untuk berbagi terhadap sesama. (Pujiono*)

Bagikan :