KUA Bermani Ulu Ukur Arah Kiblat Pebangunan Mushallah

KUA Bermani Ulu Ukur Arah Kiblat Pebangunan Mushallah

Bengkulu (Inmas) 14/08 -- Sesuai permintaan dari Kepala Desa dan Perangkat Agama Tebat Tenong Dalam Kecamatan Bermani Ulu secara Lisan pada tanggal 08 Agustus 2017 yang lalu, perihal permohonan mengajukan penentuan Arah Kiblat  Pembangunan  Mushallah yang akan didirikan di Desa Tebat Tenong Dalam Kecamatan Bermani Ulu

Kepala KUA Kecamatan Bermani Ulu Samijan, S.Ag, M HI Berangkat untuk memenuhi permintaan untuk mengecek penentuan arah kiblat pada hari Jumat tanggal 11 Agustus 2017 dan pengukuran arah kiblat ini dilaksanakan setelah shalat Jumat, dan pengukuran arah Kiblat ini baru bias terlaksana pada pukul 15.00 WIB, karena sebelumnya sedang turun hujan yang mengakibatkaan tertundanya pengukuran tersebut. .
Sebelum berangkat ke lokasi terlebih dahulu Kepala KUA Samijan, S.Ag, M HI mengecek terlebih dahulu letak posisi dan lokasi dengan menggunakan media google earth untuk menentukan titik koordinat lokasi pembangunan Mushallah Desa Tebat Tenong Dalam dengan menarik garis lurus lokasi pembangunan mushallah dengan bangunan Ka’bah Baitullah, dengan demikian maka akan diperoleh arah kiblat yang akurat dan tepat, Sehingga Setelah tiba di lokasi sudah bisa ditentukan kemana arah kiblat pembangunan mushallah tersebut.
Proses Pengukuran arah kiblat ini disaksikan oleh Ketua BPD, imam Masjid, Ketua BKM dan Tukang pekerja bangunan untuk menentukan arah kiblat yang benar sesuai dengan letak posisi yang tepat.
Dalam pengukuran ini Kepala KUA Bermani Ulu mengunakan Alat Bantu dua Kompas dan Busur Derajat, satu kompas dan busur derajat dipakai untuk menentukan titik awal arah kiblat yang kemudian di tarik garis lurus dan diberi tanda barisan shaf agar tidak terjadi perubahan letak barisan shaf dan kemudian posisi kanan dan kirinya di cek kembali dengan menggunakan Kompas Pedoman Praktis agar lebih akurat dan yakin tidak bergeser derajatnya. (Humas KUA)

Bagikan :