Waka Kurikulum MAN 1 Kepahiang Ikuti IHT di SMAN 1 Kepahiang

Waka Kurikulum MAN 1 Kepahiang Ikuti IHT di SMAN 1 Kepahiang

Bengkulu (Inmas) 14/08 –Waka Kurikulum MAN 1 Kepahiang, Fikri Alfaroq, S.Pd,   kamis lalu (3/8) mengikuti kegiatan IHT (In House Training) yang diadakan oleh SMA Negeri 1 Kepahiang. Kegiatan yang dilaksanakan di aula SMAN 1 Kepahiang.ini dihadiri oleh seluruh guru SMAN 1 Kepahiang dan seluruh Waka Kurikulum Tingkat SMA/MA sekabupaten Kepahiang.

            Selaku pengisi acara, Rahmat Ramlan Setia Budi, yang merupakan pengawas sekolah dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Bengkulu. Rahmat menjelaskan bagaimana cara mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang sesuai dengan kurikulum 2013 revisi 2017. Menurut Rahmat, RPP yang digunakan dalam K-13 harus bisa menggali keterampilan anak (4C).

            Selain itu, dalam training ini juga dijelaskan cara mengembangkan pembelajaran dan penilailain yang berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill), yang berarti guru harus mampu membuat anak untuk berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi.

            Menurut Fikri, training yang berlangsung dari pukul 08.00 hingga 13.00 wib ini begitu banyak memberi manfaat guna pengembangan mutu kurikulum madrasah, rencananya pembelajaran dan penilaian berbasis HOTS akan dicoba diterapkan di MAN 1 Kepahiang secara bertahap (Novia).

Bagikan :